TPN Kemenpan RB Mulai Verifikasi Lapas Kelas IIA Banyuwangi Menuju Wilayah Bebas Korupsi

- 1 Desember 2020, 20:35 WIB
Tim Penilai dari Kemenpan saat di Lapas Banyuwangi
Tim Penilai dari Kemenpan saat di Lapas Banyuwangi /Kemenpan

KABAR BESUKI - Tim Penilai Nasional (TPN) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Kunjungi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banyuwangi, Selasa (1/12/2020).

Dalam kunjungan tersebuglt, Tim Penilai tersebut melakukan verifikasi di Lapas Kelas IIA Banyuwangi, sebagai salah satu Satuan Kerja (Satker) yang diusulkan menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

"Ini bagian dari rangkaian penilaian zona integritas. Jadi, Lapas Banyuwangi ini sedang membangun zona integritas menuju wilayah bebas korupsi," ujar Paulus Julius Rahakbauw, Ketua TPN Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Baca Juga: KPU Banyuwangi Bagikan Hadiah Vlog Competition Pilkada 2020 kepada Para Pemenang

Sejauh ini, kata Paulus Julius, penilaian sudah sampai pada tahap verifikasi lapangan. Karena sebelumnya sudah dilakukan survey dan desk evaluasi.

Menurutnya, setiap lapas memiliki keunggulan yang berbeda-beda. Namun dia menilai, Lapas Kelas IIA Banyuwangi memiliki kultur dan konsep yang sudah dibangun dengan baik sekali.

"Mungkin beberapa kendala teknis hanya pada digitalisasinya saja, tapi secara konsep dan sistem penguatannya sudah bagus," ungkapnya.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Rabu, 2 Desember 2020: Sagitarius Nikmati Waktu dengan Pasangan dan Cancer Konflik

Paulus Julius menjelaskan, zona integritas itu sendiri merupakan miniatur dari reformasi birokrasi yang didalamnya terdapat 8 komponen penilaian. Tapi penilaian khusus di lapas, ada 6 komponen yang penilaian pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Diantaranya, terkait manajemen perubahan, konsep tata pengelolaannya, pembinaan SDM, akuntabilitas kinerja, sistem pengawasan, dan pelayanan publik.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x