Sepakat Batalkan Festival Santet Banyuwangi, PERDUNU Masih Sematkan 'Dukun' Dalam Namanya

- 10 Februari 2021, 20:50 WIB
Konferensi Perdunu di Kantor PCNU Banyuwangi
Konferensi Perdunu di Kantor PCNU Banyuwangi /KabarBesuki.com

KABAR BESUKI - Banyaknya polemik di masyarakat yang tak setuju adanya Festival santet di Banyuwangi yang akan diadakan oleh Persatuan Dukun Nusantara (Perdunu) Indonesia.

Melalui hasil rapat internal Perdunu, akhirnya sepakat untuk meniadakan kegiatan festival santet yang direncanakan digelar oleh organisasi yang baru dideklarasikan pada 3 Februari 2021 lalu.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Perdunu, Gus Abdul Fatah Hasan saat konferensi pers yang digelar di Aula PCNU Banyuwangi, Rabu 10 Januari 2021.

Baca Juga: Sebanyak 6.349 Nakes di Banyuwangi Akan Jalani Vaksinasi Dosis Kedua Besok

"Perdunu siap tidak menggunakan kata santet dalam setiap wacana maupun kegiatan yang akan digelar Perdunu," tegas Gus Fatah dihadapan sejumlah awak media.

Gus Fatah menyebut, keputusan tersebut diambil selain permintaan pemerintah daerah untuk menghapus kata santet. Dari informasi yang beredar pihaknya juga melihat, kata santet memiliki kesan kurang baik dan meresahkan masyarakat.

"Karena niat Perdunu itu baik, tidak ingin membuat kekacauan ataupun kerusuhan. Sehingga kita memutuskan untuk menggantikan kata santet. Sebenarnya itu juga masih wacana untuk program kedepan, jadi masih belum final," ungkapnya.

Baca Juga: Kabar Duka! Pemain Ikatan Cinta Ucapkan Bela Sungkawa, Evan Sanders: Semoga Diberi Tempat Indah di Surga

Sementara, lanjut Gus Fatah, untuk kata dukun yang disematkan dalam nama Perdunu. Untuk sementara ini pihaknya masih menggunakan kata itu dan belum bisa menghilangkannya.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama


Tags

Terkini

x