Vaksinasi Covid-19 Tahap 2 Dilaksanakan, Ini Daftar Golongan Penerima Vaksin

- 18 Februari 2021, 12:47 WIB
Ilustrasi Vaksinasi Covid-19
Ilustrasi Vaksinasi Covid-19 /pixabay/@fernandozhiminaicela

KABAR BESUKI - Pemerintah telah memulai pemberian vaksinasi Covid-19 tahap 2 secara bertahap sejak tanggal 17 Februari 2021 di seluruh wilayah Indonesia.

Proses vaksinasi rencananya akan dilangsungkan pada bulan Februari dan diharapkan selesai pada bulan Mei 2021. Pemerintah menargetkan sebanyak 38.513.446 orang untuk mendapatkan vaksin tahap 2 ini.

Golongan yang akan ditargetkan sebagai penerima vaksin  adalah golongan yang dirasa memiliki interaksi dan mobilitas tinggi, yang dapat menjadi rentan terpapar virus.

Baca Juga: Menurut Para Ahli, Ternyata Inilah 4 Alasan Mengejutkan Mengapa Berat Badan Menjadi Bertambah Secara Tiba-tiba

Dilansir oleh Kabar Besuki dari laman Instagram resmi Kementerian Kesehatan, dengan sasaran yang tergolong besar, vaksinasi akan diberikan mulai dari 7 provinsi di pulau Jawa dan Bali secara bertahap dengan catatan bahwa 70% kasus Covid-19 terpusat di Jawa dan Bali.

Pemerintah memastikan bahwa stok vaksin cukup dan hingga minggu kedua bulan Maret diperkirakan total dosis vaksin berjumlah 18 juta dosis. Jumlah vaksin yang diberikan ke daerah akan menyesuaikan dengan kapasitas penyimpanan vaksin.

Ada 3 mekanisme pendaftaran yang digunakan yaitu :

Baca Juga: Trailer Terbaru Cruella, Emma Stone Berpenampilan Berbeda dari Biasanya

  1. Setiap institusi mendaftarkan anggotanya secara online melalui sistem PCare
  2. Kelompok masyarakat lansia, data diperoleh dengan bekerja sama Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.
  3. Peserta vaksinasi juga dapat mendaftar secara manual ke institusi mereka atau ke fasilitas kesehatan terdekat.

Tempat yang akan melayani vaksinasi tahap kedua yaitu:

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: Kemenkes


Tags

Terkini