Ngeri Potensi Cuaca Ekstrem, BMKG Beri Himbauan Kepada Warga Kabupaten Banyuwangi untuk Waspada

- 26 Februari 2021, 07:58 WIB
Ilustrasi cuaca ekstrim.
Ilustrasi cuaca ekstrim. /Pixabay/FelixMittermeier

KABAR BESUKI - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas III Banyuwangi memberikan himbauan kepada warga untuk mewaspadai potensi kondisi cuaca ekstrem.

Hujan deras disertai petir dan angin kencang diperkirakan akan terus berlanjut di Banyuwangi hingga akhir Februari.

Hingga akhir Februari lalu, Banyuwangi masih berada di puncak musim penghujan menurut penjelasan dari Dita Purnamasari selaku prakirawan BMKG Kelas III Banyuwangi.

“Sehingga potensi hujan sedang masih bisa terjadi hingga akhir bulan ini,” kata Dita

Hal tersebut diperkuat dengan tiga peringatan dini harian dari BMKG Kelas I Juanda yang menyebutkan bahwa dalam kurun waktu 24-26 Februari.

Baca Juga: Heboh Digosipkan Dekat dengan Luna Maya, Begini Profil dan Rekam Jejak Otis Hahijary di Dunia Pertelevisian

Dikatakan Banyuwangi merupakan kawasan di Jawa Timur yang berpotensi hujan deras disertai petir dan angin kencang serta potensialnya. untuk banjir.

“Untuk itu, kami mengimbau warga untuk terus melakukan edukasi kepada masyarakat tentang potensi bencana hidrometeorologi, seperti longsor dan banjir. Waspada terhadap banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan air, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin. Tapi tidak perlu panik atau takut berlebihan, ” tutur Dita.

Dilansir Kabar Besuki dari banyuwangikab, sebelumnya BMKG pusat juga sudah mendeteksi dalam dua hari terakhir potensi bibit siklon.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: banyuwangikab.go.id


Tags

Terkini

x