Menangani Obesitas Kucing, Simak 7 Tips Cara Menurunkan Berat Badan Kucing Rumahan

- 6 Maret 2021, 14:50 WIB
ILUSTRASI Kucing,*/PIXABAY
ILUSTRASI Kucing,*/PIXABAY /

KABAR BESUKI - Kucing dengan berat badan yang sehat akan hidup lebih bahagia, lebih gesit, dan cenderung hidup lebih lama. Obesitas, yang umumnya dianggap 20 persen atau lebih di atas berat badan normal, adalah gangguan nutrisi yang paling sering diamati pada kucing rumahan.

Obesitas dapat berakibat pada penurunan kualitas hidup. Kucing yang kelebihan berat badan cenderung kurang berinteraksi secara fisik, kurang energik, kurang suka bermain, dan lebih lesu. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan risiko masalah kesehatan.

Kucing yang mengalami obesitas, seharusnya dapat melakukan diet untuk mengembalikan berat badan normalnya, tetapi pemilik seringkali bingung untuk memulai. Dilansir dari Thespucepets berikut ini tips untuk membantu menurunkan berat badan kucing.

Baca Juga: Dampak Terlalu Sering Rebahan Ternyata Bisa Sebabkan 4 Bahaya Ini Bagi Kesehatan

  1. Periksa Kondisi Medis Kucing

Aspek penting dalam program ini adalah meentukan kondisi medis kucing ketika akan melakukan diet, serta penyebab kucing mengalami obesitas.

  1. Mendengarkan Saran Dokter Hewan

Ketika dokter hewan menyarankan untuk mengurangi berat badan kucing, maka ikuti saran yang tepat, karena kucing yang obesitas bisa disebabkan banyak hal. Tetapi, jika tidak ada penyebab yang mendasarinta, biasanya dokter akan menyarankan diet secara bertahap dan penimbangan rutin.

  1. Perhatikan Asupan Kucing

Kualitas makanan kucing yang dijual di pasaran sangat bervariasi. Makanan kalengan basah biasanya mengandung lebih rendah kalori, banyak air dan lebih mudah dicerna kucing daripada makanan kering.

  1. Mengukur Porsi makan Kucing

Baca Juga: Kebijakan Sensitif Seperti Miras Memerlukan Ruang Publik yang Sangat Besar

Penyebab umum kucing yang kelebihan berat badan adalah ketika mereka diberi makan berlebihan. Titik awal yang baik adalah dengan mulai mengukur porsi makanan harian dengan cangkir atau timbangan. Tak hanya itu, memberi makan secara terjadwal dan memantau makanan yang dimakan kucing juga sangat efektif.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: thespruce


Tags

Terkini