Kemenkes: Enam Kasus B117 di Indonesia Ternyata Tidak Berasal dari Jakarta, Ini Penjelasannya

- 12 Maret 2021, 17:57 WIB
Siti Nadia Tarmizi selaku juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan.
Siti Nadia Tarmizi selaku juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan. /tangkap layar YouTube Kementerian Kesehatan.

KABAR BESUKI - Kementerian Kesehatan mengklarifikasi kemunculan varian baru virus B-117 di enam wilayah Indonesia bukan berasal dari wilayah DKI Jakarta.

“Dari enam kasus varian B117, satu sampel dilaporkan dari Jakarta. Setelah ditelusuri, asal kasus ini bukan di Jakarta,” kata , Siti Nadia Tarmizi selaku juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan.

Siti Nadia Tarmizi menyatakan hal tersebut dalam acara webinar bertajuk ‘Pemantauan Genomik Varian Baru SARS-Cov2. di Indonesia’ pada hari Jumat tanggal 12 Maret 2021.

Baca Juga: 5 Youtuber Indonesa dengan Konten Inspiratif dan Mendidik Seputar Kuliah di Luar Negeri

Hingga Jumat siang, dari total kasus yang ditemukan dan dilaporkan di GSAID atau lembaga nonprofit yang mendata genom virus influenza dan Corona di dunia, dua kasus berasal dari Karawang, satu kasus dari Sumatera Utara, satu kasus dari Sumatera Selatan, satu kasus dari Kalimantan Timur dan satu kasus di Kalimantan Selatan.

Nadia mengatakan hingga saat ini belum ada varian B117 yang berdomisili di Jakarta berdasarkan hasil pelacakan.

"Laporan GSAID menyebutkan asal sampel. Kami akan klarifikasi enam kasus itu bukan dari Provinsi DKI Jakarta," kata Nadia.

Baca Juga: Inilah 4 Contoh Perlakuan Standar Ganda di Kalangan Masyarakat yang Memuakkan, Nomor 1 Salah Satunya

Namun, pihaknya akan terus memantau variasi virus COVID-19. Sebab, mutasi virus ini merupakan hal yang lumrah dilakukan virus.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

x