Menteri Ketenagakerjaan: Pertumbuhan Ekonomi Berangsur Membaik Meskipun Masih Berada di Zona Minus

- 16 Maret 2021, 08:15 WIB
Menaker Ida Fauziyah.
Menaker Ida Fauziyah. / Instagram.com/ @idafauziyahnu

KABAR BESUKI - Ida Fauziyah selaku menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja (Menaker) mengatakan bahwa sektor tenaga kerja Indonesia secara bertahap mulai terlihat proses pemulihannya selama pandemi Covid-19.

Sinyal pemulihan tersebut tampak sejalan dengan langkah-langkah yang diambil pemerintah dalam merumuskan kebijakan stimulus untuk meringankan pajak dan merestrukturisasi kredit.

“Kita bisa melihat pertumbuhan ekonomi pada triwulan III dan triwulan IV tahun 2020 berangsur-angsur membaik meskipun masih berada di zona minus,” kata Ida Fauziyah.

Ida Fauziyah menyatakan hal tersebut saat rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI yang diselenggarakan pada hari Senin 15 Maret 2021.

Baca Juga: Diduga Berkurangnya Imbal Hasil Obligasi Amerika Serikat, Harga Emas Mulai Terangkat Hingga 9,4 Dolar

Menurut Ida, terdapat sejumlah 3 sektor ekonomi yang cukup menyerap tenaga kerja dengan jumlah terbanyak pada masa pandemi.

Diantaranya adalah pertanian, industri pengolahan, dan perdagangan. Ketiga sektor tersebut menunjukkan peningkatan dalam kinerja.

Selain itu, kata dia, Purchasing Managers Index (PMI) Indonesia juga terlihat membaik pada kuartal III tahun 2020, meski angkanya masih menurun. Diharapkan pada triwulan I 2021 PMI Indonesia berada di level 51,14.

Baca Juga: Akibat Longsor Batu Kapur di Bangkalan, Seorang Penambang Tewas Tertimpa Reruntuhan

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: PMJ News


Tags

Terkini

x