Akibat Longsor Batu Kapur di Bangkalan, Seorang Penambang Tewas Tertimpa Reruntuhan

- 16 Maret 2021, 08:11 WIB
Ilustrasi garis polisi (police line).
Ilustrasi garis polisi (police line). /ILUSTRASI Police Line,*/PIXABAY/

KABAR BESUKI – Seorang penambang batu asal desa Berbeluk, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan diketahui tertimbun reruntuhan batu di Bukit Kapur, Bangkalan, Madura, provinsi Jawa Timur.

Badrum yang saat itu berusia 68 tahun merupakan korban satu-satunya dan tidak sempat melarikan diri ketika longsoran batu kapur menimpanya dari atas pada Senin, 15 Maret 2021 sekitar pukul 7 pagi. Sedangkan korban lain yang merupakan penambang berhasil melarikan diri dan selamat.

Diketahui bahwa badrun tewas di lokasi kejadian dan jenazahnya berhasil dievakuasi oleh gabungan antara warga dan tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Baca Juga: DPRD Banyuwangi Gelar Hearing Terkait Rasionalisasi THL, Dewan Beri Waktu Eksekutif Kembalikan THL yang di PHK

Dilansir dari Antara, Rizal Moris, selaku Kepala Pelaksanaan BPBD Pemkab mengkonfirmasi hal ini via telepon pada Senin malam dan mengatakan,”Saat ini korban sudah dibawa pulang ke rumahnya dan telah dimakamkan di pemakaman umum desa setempat”.

Sejauh ini dugaan terkait penyebab longsornya gedung, BPBD mengungkapkan karena intensitas hujan yang cukup tinggi di Kabupaten Bangkalan sejak dua hari terakhir, yang kemungkinan menyebabkan tergerusnya batu-batu yang ada di tempat kejadian.

Selain itu, kemiringan lereng bukit kapur juga mempengaruhi. Hal ini juga dikonfirmasi oleh Rizal yang mengatakan bahwa kejadian longsor di bukit kapur tersebut bukanlah kasus pertama.

Baca Juga: Peluncuran ETLE Nasional Akan Dilakukan 12 Polda, Polda Metro Jaya Menambah 41 Kamera Tilang Elektronik

Rizal mengatakan bahwa pihaknya pernah memasang papan imbauan untuk memberitahukan warga agar tidak melakukan penambangan, tetapi papan tersebut hilang keesokan harinya.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini