Anggota Komisi VII DPR Sebut Indonesia Mampu ‘Go Nuclear’, Jika Harga Listrik di Bawah 7 Sen Dolar AS

- 20 Maret 2021, 10:51 WIB
 Ilustrasi Jaringan Listrik
Ilustrasi Jaringan Listrik /PIXABAY/GDJ

KABAR BESUKI – Anggota Komisi VII DPR-RI Mulyanto mengaku optimis bahwa Indonesia mampu menerapkan sumber energi listrik dari tenaga nuklir (go nuclear) sehingga hal tersebut perlu dirumuskan dengan seksama.

Mulyanto meminta Dewan Energi Nasional (DEN) segera merumuskan kebijakan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) secara seksama, akurat, dan antisipatif, termasuk opsi untuk menggunakan energi nuklir di dalamnya dengan tetap memperhatikan aspek keselamatan.

“Indonesia mampu go nuclear, apalagi kalau harga listrik dari PLTN ini dapat mencapai di bawah 7 sen dolar AS per kilowatt hour (kWh) sesuai harga Biaya Pokok Pembangkitan (BPP) PLN,” kata Mulyanto sebagaimana dilansir Kabar Besuki dari ANTARA pada Sabtu, 20 Maret 2021.

Baca Juga: Fitur Baru Instagram! Batasan Usia, Batasan Fitur DM, Hingga Panduan untuk Para Orang Tua

Dengan segala kapasitas dan kewenangan yang dia miliki, Mulyanto mengaku yakin bahwa DEN mampu mengawal rencana  tersebut (pemanfaatan energi nuklir untuk pembangkit listrik di Indonesia) hingga benar-benar terealisasi secara nasional.

Sebelumnya, Kementerian ESDM pernah mengeluarkan pernyataan bahwa pihaknya telah memasukkan listrik nuklir dalam Grand Scenario Energi Nasional (GSEN) sebagai dasar untuk menyusun RUEN yang akan diterbitkan DEN.

Atas dasar tersebut, Mulyanto menilai sudah sepatutnya Indonesia segera mempersiapkan diri untuk memanfaatkan tenaga nuklir sebagai salah satu opsi untuk pembangunan pembangkit listrik terbaru.

Baca Juga: Awas, Beberapa Hewan ini Bisa Berenang Menuju Toilet Anda! Simak Cara Untuk Mencegah Hal Tersebut

“Pengalaman Indonesia mengelola reaktor riset sudah cukup lama sejak tahun 1960-an, baik pada reaktor Bandung, reaktor Yogyakarta, dan reaktor GA Siwabessy di Puspiptek Serpong,” ujar Mulyanto.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

x