Asal Usul Desa Kendalrejo di Banyuwangi yang Dulunya Hutan Sekarang Menjadi Desa yang Indah dan Mempesona

- 20 Maret 2021, 11:58 WIB
Desa Kendalrejo yang indah dan mempesona.
Desa Kendalrejo yang indah dan mempesona. /Instagram.com: @irfan_ipank_epang

KABAR BESUKI - Desa Kendalrejo merupakan desa di wilayah Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi. Desa yang terletak di samping Taman Nasional Alas Purwo memiliki sejarah yang panjang.

Pada Tahun 1930 datanglah sekelompok orang yang berasal dari Jogjakarta dan minta ijin babat kepada Kolonial Belanda, setelah ijin direstui mereka saling gotong royong membabat hutan yang banyak ditumbuhi pohon Kendal, setelah membabat hutan mereka saling membentuk lahan untuk ditanami berbagai macam tanaman dan juga sebagai tempat tinggal maka daerah tersebut dinamakan Kendalrejo.

Pada tahun 1933 daerah tersebut masih tergabung dalam lingkup Desa Grajagan dan bernama Padukuhan Kendalrejo Petingginya bernama Bapak Tirto Samudro, oleh Petinggi Grajagan diangkatlah seorang Kawituwo Padukuhan Kendalrejo yaitu Bapak Potro Dihardjo.

Baca Juga: RATING REPORT 19 Maret 2021: Ikatan Cinta Atta-Aurel Spesial Siraman Sukses Raih Share Fantastis di Slotnya

Pada tahun 1936 pedukuhan tersebut menjadi desa dan diberi nama Desa Kendalrejo, dan ditunjuk sebagai Pejabat Sementara Kepala Desa Kendalrejo yaitu Kamituwo yang bernama : Potro Diharjo.

Dan pada tahun 1937 Desa Kendalrejo melaknakan pemilihan Kepala Desa secara secara langsung yang saat itu calonnya ada tiga, diantaranya Potro Diharjo, Mat Kasah dan Reso Blangkon.

Dari 3 calon yang terpilih sebagai Kepada Desa adalah Potro Diharjo yang menjabat mulai 1937 hingga 1968.

Kemudian pada tahun 1968, dilaksanakan lagi Pemilihan Kepala Desa ( Pilkades ) di Desa Kendalrejo. Sebagai calon adalah Pak Hadi Makin, Pak Samsuri, Pak Iratman, Pak Awi, Pak Samsudin.

Baca Juga: Ashanty Jawab Pertanyaan Netizen Tentang Siapa Pendamping Aurel Hermansyah di Pelaminan

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama


Tags

Terkini