Banyuwangi Prioritaskan Program Pemulihan Ekonomi Akibat Pandemi COVID-19, APBD Harus Ada Skala Prioritas

- 31 Maret 2021, 06:10 WIB
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani./Instagram/@banyuwangi_kab
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani./Instagram/@banyuwangi_kab //Dicky Septiawan/

KABAR BESUKI - Program pemulihan ekonomi menjadi fokus Kabupaten Banyuwangi pada 2021 dan 2022. Konsolidasi program dan alokasi anggaran akan diprioritaskan untuk kegiatan yang menopang suksesnya program pemulihan ekonomi akibat pandemi covid-19.

Hal itu disampaikan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat membuka musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang)  tingkat kabupaten membahas Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), Senin, 28 Maret 2021. Musrenbang ini membahas beberapa program skala prioritas pembangunan pada 2021 dan 2022.

Musrenbang ini dihadiri forum pimpinan daerah (forpimda), perwakilan SKPD, camat, ormas, LSM, PKK, akademisi dan instansi vertikal. Kegiatan ini juga diikuti sekitar 320 partisipan yang tersambung secara virtual di 25 kecamatan se-Banyuwangi.

Baca Juga: Berdasarkan Astrologi, Inilah Deretan Zodiak yang Dikenal Paling Malas dan Suka Menunda Pekerjaan

Sebelum mulai Musrenbang, Bupati Ipuk mengajak peserta menyimak pidato arahan Presiden Jokowi tentang arah pembangunan di daerah. Pidato Jokowi itu disampaikan pada Munas Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) pada pekan lalu.

Presiden Jokowi berpesan mulai konsolidasi anggaran dengan menetapkan skala prioritas pembangunan, percepatan pemulihan ekonomi, mengawal program vaksinasi, hingga memberikan pelayanan yang baik bagi kinerja ekspor dan investasi.

Bupati Ipuk mengatakan, berdasarkan arahan presiden tersebut, alokasi APBD tidak dibagi rata tiap dinas, namun berdasarkan program prioritas.

Baca Juga: ‘Pembelajaran Tatap Muka Terbatas’ Berbeda dengan Sekolah Normal Biasanya, Simak Penjelasannya

“Sesuai arahan Presiden, APBD harus ada skala prioritas, tidak dibagi rata semua dinas, tidak bagito alias tidak bagi roto, tapi berdasarkan program prioritas, money follow program. Dan tahun ini hingga 2022 mendatang, prioritas wajib kita adalah kesehatan dan pendidikan, lalu pemulihan ekonomi berbasis UMKM, pertanian, perikanan, dan pariwisata,” kata Ipuk.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: banyuwangikab.go.id


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x