Rumah Rusak di Malang Akan Segera di Renovasi, Pemkab Malang Siapkan Dana

- 13 April 2021, 16:39 WIB
Ilustrasi.bangunan rusak
Ilustrasi.bangunan rusak /Pixabay/Angelo_Giordano

KABAR BESUKI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang memberikan keterangan akan segera melakukan perbaikan atau pembangunan terhadap rumah-rumah yang rusak akibat bencana gempa bumi yang melanda wilayah tersebut pada Sabtu 10 April 2021.

M Sanusi, Bupati Malang mengatakan bahwa saat ini seluruh pemangku kepentingan yang ada di wilayah Kabupaten Malang, tengah melakukan pendataan terhadap jumlah rumah yang mengalami kerusakan akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,1 itu.

"Ini sedang dilakukan pendataan, setelah pendataan selesai kita akan bangun. Diharapkan dalam minggu ini sudah kita bangun," kata Sanusi, dikutip dari situs Antara, saat berada di Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Selasa 13 April 2021.

Baca Juga: Korea Selatan dan China Kompak Protes Tindakan Pembuangan Air yang Tercemar Zat Radioaktif oleh Jepang

Baca Juga: Gak Bikin Lemes, Inilah 3 Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Saat Berpuasa, Bikin Badan Tetap Sehat dan Bugar

Baca Juga: Perseteruan Lesti dengan Siti Badriah Memanas Ketika Sang Suami Buka Suara, Krisjiana: Apa Salah Istri Saya

Akan ada bantuan yang dipergunakan untuk proses pembangunan kembali bagi rumah warga yang terdampak bencana. Kata Sanusi bantuan tersebut dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Besaran bantuan tersebut, kata Sanusi nantinya akan dilihat dari jenis kerusakan pada rumah warga yang terdampak. Jika rumah dikategorikan sebagai rusak berat, akan mendapatkan bantuan Rp50 juta, rusak sedang Rp25 juta, dan untuk runah yang rusak ringan, akan mendapatkan Rp10 juta.

"Proses pengerjaan rumah akan dilakukan oleh TNI Polri. Sehingga, pendanaan itu murni bisa dipergunakan untuk bahan bangunan," jelas Sanusi.

Hingga 12 April, Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, total rumah yang rusak akibat gempa yang mengguncang wilayah Kabupaten Malang tersebut mencapai 3.748 unit.

Dari jumlah tersebut, terbagi dari sebanyak 1.018 unit rusak berat, 1.130 unit dikatakan rusak sedang dan 1.600 unit rusak ringan. Kerusakan tersebut, tersebar di sebanyak 25 kecamatan di wilayah Kabupaten Malang.

Baca Juga: Menjaga Kebugaran Saat Puasa, Berikut 9 Tips Makan Sehat yang Harus Diikuti Selama Bulan Ramadhan

Baca Juga: Jalani Puasa Ramadhan 2021, Inilah 4 Tips Agar Tak Mudah Haus Saat Berpuasa dan Kuat Sepanjang Hari

Kemudian daripada itu, gempa juga merusak fasilitas umum seperti 170 bangunan sekolah, sembilan unit fasilitas kesehatan, 51 rumah ibadah, dan 15 unit fasilitas umum lainnya.

BNPB menyatakan bahwa bantuan untuk pembangunan rumah tersebut, bisa diperoleh ketika pemerintah daerah mengajukan pendanaan. Pengajuan tersebut, harus menyertakan nama dan alamat, termasuk Nomor Induk Kependudukan (NIK) warga terdampak.***

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini

x