Salut, Narapidana Terorisme Lapas Gunung Sindur Akan Ikrarkan Sumpah Setia pada NKRI

- 13 April 2021, 16:42 WIB
 Ilustrasi aksi terorisme ISIS
Ilustrasi aksi terorisme ISIS /Prasetyo B/Dicky S/Instagram/@aksiterorisme

KABAR BESUKI – Sebanyak 34 narapidana tindak pidana terorisme Lapas Narkotika Kelas IIA Gunung Sindur Bogor akan mengucapkan ikrar setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada Kamis 15 April 2021.

"Narapidana terorisme ini akan mengucapkan ikrar setia di Lapas Narkotika Kelas IIA Gunung Sindur," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Rika Aprianti di Jakarta, Selasa 13 April 2021.

Dilansir Kabar Besuki dari Antara, pengucapan sumpah setia kepada NKRI merupakan salah syarat bagi narapidana tindak pidana terorisme apabila dikemudian hari mengajukan pembebasan bersyarat, menjelang bebas dan program lainnya.

Baca Juga: Rumah Rusak di Malang Akan Segera di Renovasi, Pemkab Malang Siapkan Dana

Baca Juga: Korea Selatan dan China Kompak Protes Tindakan Pembuangan Air yang Tercemar Zat Radioaktif oleh Jepang

Baca Juga: Gak Bikin Lemes, Inilah 3 Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Saat Berpuasa, Bikin Badan Tetap Sehat dan Bugar

"Jadi nanti kalau mengajukan program pembebasan bersyarat salah satu syarat sudah mereka penuhi," kata Rika.

Rika mengatakan pengucapan sumpah setia pada NKRI tersebut merupakan salah satu bagian dari program deradikalisasi oleh pemerintah terhadap narapidana terorisme.

Setelah mengucapkan ikrar setia pada NKRI diharapkan tekad dan semangat mereka kembali terbangun pada bangsa dan negara. Secara khusus tujuannya yaitu berpegang teguh pada Pancasila dan UUD 1945, secara tulus setia kepada NKRI dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika dan meningkatkan kesadaran bela negara untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini

x