Seluruh Dunia Sedang Berebut Vaksin COVID-19, Menkes: Alhamdulillah Indonesia Sumber Vaksinnya Ada 4

- 19 April 2021, 12:41 WIB
Gambar ilustrasi vaksin COVID-19
Gambar ilustrasi vaksin COVID-19 /Dicky S/Pixabay/geralt/free-photos

KABAR BESUKI – Menanggapi kompetisi mendapatkan vaksin COVID-19 yang semakin keras di tingkat global dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki sumber pasokan pengadaan vaksin COVID-19 yang aman terjaga.

"Memang sekarang di seluruh dunia rebutan vaksin itu semakin keras. Alhamdulillah Indonesia itu sumber vaksinnya ada empat," kata Budi di Galeri Nasional, Jakarta, sebagaimana disiarkan langsung oleh Sekretariat Presiden, dikutip Kabar Besuki dari laman ANTARA pada 19 April 2021.

Diketahui empat sumber pengadaan vaksin bagi Indonesia berasal dari produsen dari China, Inggris, Amerika Serikat dan Jerman-Amerika Serikat. Dengan demikian, jika ada salah satu pasokan terganggu, Indonesia dapat mengandalkan sumber pasokan lainnya.

Baca Juga: Diduga Menggunakan Fitur Kemudi Otomatis pada Mobil Tesla, Dua Pria Tewas Setelah Menabrak Pohon di Texas

"Nah, salah satu yang lancar ini dari China. Jadi rutin mereka memang setiap dua minggu itu ada pengiriman," ujar Menkes.

Sementara itu China melalui perusahaan farmasi Sinovac Biotech Ltd mengirimkan bahan baku vaksin (bulk) sebanyak enam juta bulk sebagai bagian pengiriman 140 juta bulk pada hari Minggu, 18 April 2021.

Berdasarkan informasi dari kemenkes, pengiriman itu merupakan kedatangan tahap kedelapan vaksin COVID-19 di Indonesia. Bahan baku vaksin itu akan diolah PT Bio Farma Persero menjadi vaksin jadi.

Baca Juga: Negara Bagian Kanada akan Tetap Gunakan Vaksin AstraZeneca Karena Memperluasnya Pandemi COVID-19

Baca Juga: Resep Cara Membuat Cheesecake Ala New York, Sajian Menu Buka Puasa yang Lezat!

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x