Guna Mengapresiasi Perayaan Hari Kartini, Pemkab Banyuwangi Bagikan Alat Usaha untuk Korban Kekerasan

- 22 April 2021, 14:24 WIB
Surat Bupati Banyuwangi kepada perempuan yang menjadi korban kekerasan./Instagram/@ipukfdani
Surat Bupati Banyuwangi kepada perempuan yang menjadi korban kekerasan./Instagram/@ipukfdani //Dicky sep/

KABAR BESUKI - Bertepatan dengan Hari Kartini, Pemkab Banyuwangi meluncurkan program pemberdayaan ekonomi untuk perempuan korban kekerasan. Para perempuan korban kekerasan mendapatkan bantuan alat usaha produktif agar bisa merintis usaha demi kemandirian ekonomi.

“Bertepatan dengan Hari Kartini, kami luncurkan program bantuan alat usaha produktif gratis untuk perempuan korban kekerasan, terutama yang kemudian menjadi perempuan kepala keluarga,” ujar Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Rabu, 21 April 2021.

Dikutip Kabar Besuki dari laman resmi Pemkab Banyuwangi, penyerahan alat usaha produktif gratis itu dilakukan Bupati Ipuk dari kantor Desa Temuasri, Kecamatan Sempu. Adapun perempuan korban kekerasan mengikuti secara virtual sesuai asas kerahasiaan dalam pendampingan perempuan korban kekerasan.

Baca Juga: Update Pergerakan Emas Hari Ini Kamis, 22 April 2021: Mulai dari 0.5 Gram hingga 1000 Gram

Acara dihadiri oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, secara virtual.

Selain bantuan alat usaha produktif gratis, lanjut Ipuk, secara berkelanjutan juga dilengkapi dengan pelatihan dan pendampingan. “Sehingga usaha perempuan korban kekerasan bisa berkelanjutan, bisa sukses dan akhirnya kaum perempuan mencapai kemandirian ekonomi,” jelas bupati perempuan yang baru dilantik pada 26 Februari itu.

Ipuk memaparkan, alat usaha produktif ini dibagikan kepada perempuan korban kekerasan menyesuaikan dengan kebutuhan. “Jadi tidak bisa digeneralisasi. Ibu A misalnya, hobinya ternyata bikin kue, maka dibantu alat produksinya. Tapi ada pula yang lain, kita akan sesuaikan,” jelas Ipuk.

Baca Juga: Pada Waktu Inilah, Disebut-sebut Kita akan Bebas Melakukan Aktivitas Secara Normal Tanpa Khawatir akan Virus

Ipuk memaparkan, Pemkab Banyuwangi memiliki banyak program yang berkaitan dengan pemberdayaan ekonomi kaum perempuan. Ada program UMKM Naik Kelas hingga Warung Naik Kelas yang mayoritas menyasar kaum perempuan.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: banyuwangikab.go.id


Tags

Terkini

x