Jelang Lebaran, Terminal Tawangalun Jember Masih Beroperasi Layani Penumpang yang Akan Mudik

- 29 April 2021, 19:17 WIB
Ilustrasi terminal bus
Ilustrasi terminal bus /Pixabay/Hojoon hwang

KABAR BESUKI – Larangan mudik sedang dicanangkan oleh pemerintah, hal tersebut dipercaya mampu mengurangi lonjakan terjadinya pasien yang terjangkit Covid-19.

Diketahui, Terminal Tawangalun Jember masih beroperasi melayani pemudik dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Terminal Tawangalun merupakan terminal tipe A di Kabupaten Jember, Jawa Timur

"Kami tidak bisa memastikan apakah terminal akan ditutup atau beroperasi secara terbatas saat libur Lebaran nanti karena masih menunggu petunjuk resmi dari Kementerian Perhubungan," kata Kepala Terminal Tipe A Tawangalun Jember Pudjiono di Jember, yang dikutip dari Antara.

Baca Juga: Sah! UAS Menikahi Gadis Usia 19 tahun Bulan Ramadhan, Ini Hukum dan Hikmah Sekaligus Tantangannya

Saat awal rapat koordinasi beberapa waktu lalu, lanjut dia, ada arahan untuk tidak menutup terminal saat libur Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, namun beroperasi secara terbatas seiring dengan kebijakan pemerintah terkait larangan mudik.

Menurut Pudjiono, ada dua opsi pilihan dalam pengoperasian terminal secara terbatas yakni apakah waktunya yang dibatasi, jumlah armada bus atau jumlah penumpangnya yang dibatasi, sehingga penumpang yang memiliki tujuan tertentu yang boleh naik bus di terminal.

Ia mencontohkan penumpang khusus yang bisa naik bus di terminal memiliki tujuan bepergian untuk takziah karena ada kerabat keluarga yang meninggal, mengalami sakit akan berobat ke daerah tertentu, ibu melahirkan, dan menjalankan tugas kedinasan.

Baca Juga: Puluhan Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19 Setelah Salat Tarawih Berjamaah di Banyumas

"Para penumpang juga harus memiliki surat keterangan dengan stempel basah dari RT atau RW hingga desa/lurah terkait dengan tujuannya bepergian. Kalau hanya keperluan mudik, kami sarankan untuk kembali," ujar Pudjiono.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA Jatim


Tags

Terkini

x