Mengenal KRI Klewang 2 ‘Kapal Perang Siluman’ Buatan Banyuwangi dan Menanti Kehadirannya

- 10 Mei 2021, 13:59 WIB
Foto ilustrasi penampakan KRI Klewang 2/instagram.com/@dunia.militer
Foto ilustrasi penampakan KRI Klewang 2/instagram.com/@dunia.militer /

KABAR BESUKI – Semenjak tragedi KRI Nanggala-402 masyarakat awam menjadi tertarik serba serbi terkait alat utama sistem senjata (alutsista) milik Tentara Nasional Indonesia (TNI). Diketahui pada 2012 ternyata TNI pernah memiliki kapal perang model trimaran salah satu paling canggih di dunia, KRI Klewang namanya.

KRI Klewang merupakan kapal perang dengan kemampuan canggih. Diketahui, baru Angkatan Laut Amerika Serikat yang memiliki kapal sejenis. KRI Klewang memiliki nomor lampung 625, dan lebih akrab di juluki KRI Klewang 625.

Kini, muncul kembali KRI Klewang 2 yang merupakan hasil modifikasi dari KRI Klewang 625 yang sebelumnya sudah pernah dibuat beberapa tahun sebelumnya.

Baca Juga: Akibat Kerusuhan yang Terjadi di Masjid Al-Aqsa, Israel Berjanji untuk Memulihkan Ketenangan di Yerusalem

Namun sayang sekali, belum selesai diresmikan kapal perang tersebut mengalami kebakaran hebat yang membuatnya hancur di selat Bali tersebut.

Kapal canggih bernama KRI Klewang 2 serta dijuluki ‘Kapal Perang Siluman Laut’ ini, dibuat oleh PT Lundin Industry Invest yang ada di Kabupaten Banyuwangi.

Di dunia ini, kapal sejenis hanya dimiliki Angkatan Laut Amerika yakni USS Independence, USS Freedom, USS Forth Worth dan USS Coronado.

KRI Klewang 2 ini merupakan kapal cepat rudal dengan desain yang super canggih mirip dengan kapal perang AL AS jenis Littoral Combat Ship (LCS) yang dapat dioperasikan di perairan dangkal namun dengan ukuran sedikit kecil.

Baca Juga: Indonesia Desak Masyarakat Internasional untuk Ambil Tindakan Nyata atas Kebrutalan Israel Terhadap Palestina

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Instagram @infokomando Instagram @dunia.militer


Tags

Terkini