Lebaran Makin Dekat, Muhammadiyah Siapkan 100 Titik Lokasi Sholat Idul Fitri di Surabaya

- 10 Mei 2021, 16:48 WIB
 Ilustrasi sholat.
Ilustrasi sholat. /Pexels.com/ Chattrapal Shtij Singh

KABAR BESUKI- Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Oleh karena itu, pimpinan daerah Muhammadiyah Kota Surabaya menyiapkan 100 titik lokasi Shalat Idul Fitri pada 1 Syawal 1442 Hijriah/2021 baik di masjid maupun lapangan yang tersebar di 31 kecamatan Kota Surabaya, Jatim.

Berdasarkan keterangan dari Sekretaris Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kota Surabaya M. Arif An di Surabaya, pelaksanaan Shalat Id akan dilakukan sesuai dengan instruksi Wali Kota Surabaya yakni disesuaikan dengan zonasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro atau per kelurahan.

"Acuan zonasi yang diterapkan dalam imbauan tentang Shalat Id adalah zonasi pada skala mikro data atau zona RW/Kelurahan yang masuk zona oranye. Tetapi dalam data yang masuk hampir semua RW/Kelurahan di Kota Surabaya masuk zona hijau," katanya, dikutip Kabar Besuki dari laman ANTARA pada 10 Mei 2021.

Baca Juga: Taliban Umumkan Gencatan Senjata Selama Idul Fitri Pasca Serangkaian Serangan Ledakan di Afghanistan

Ia berpendapat bahwa masjid, mushalla, lapangan atau tempat Shalat Id yang berada di RW atau Kelurahan yang tidak termasuk zona oranye atau merah, maka bisa dikatakan tidak termasuk dalam imbauan shalat di rumah.

"Karena itu, silahkan melaksanakan Shalat Id di masjid, musholla, lapangan atau fasilitas umum lainnya," ujarnya.

Namun, sebaliknya bagi daerah yang termasuk zona oranye agar menerapkan protokol kesehatan secara ketat seperti wajib berjarak, pakai masker, cek suhu badan sebelum masuk, sediakan hand sanitizer atau tempat cuci tangan di luar dan sediakan masker untuk yang lupa bawa masker.

Baca Juga: Selain Dapat Turunkan Gula Darah, Berikut 5 Manfaat Mandi Subuh yang Bisa Hindarkan dari Berbagai Penyakit

"Selain itu, jamaah disarankan membawa kantong sandal dan dibawa masuk. Keluar bertahap, supaya tidak berkerumun," kata Arif An yang juga Ketua Muhammadiyah COVID-19 Command Center (MCCC) Surabaya ini.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x