Kemenag Gelar Sidang Isbat, LAPAN Perkirakan Idul Fitri Jatuh 13 Mei dan Ramadhan 1442 Hijriah Genap 30 Hari

- 11 Mei 2021, 17:30 WIB
Ilustrasi hilal.
Ilustrasi hilal. /Pixabay/

KABAR BESUKI – Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat untuk menetapkan 1 Syawal 1442 Hijriah pada Selasa, 11 Mei 2021. Sidang isbat tersebut diadakan bertepatan dengan 29 Ramadhan 1442 H.

Sidang isbat setiap kali akan diawali dengan paparan mengenai posisi bulan sabit baru (hilal) berdasarkan data astronomi (falak), guna  menentukan hilal, biasanya dilakukan dengan dua cara yakni rukyat dan hisab.

Rukyat merupakan metode pemantauan hilal menggunakan pandangan mata. Sedangkan, hisab adalah metode pemantauan hilal berdasarkan perhitungan matematik astronomi.

Baca Juga: Irish Bella Marah Hingga Melakukan Hal Ini Saat Tahu Ammar Zoni ‘Mabuk' di Bulan Puasa, Endingnya Begini

Kendati demikian, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memastikan bahwa saat Maghrib nanti (Selasa, 11 Mei 2021) hilal atau bulan baru tidak akan terlihat.

Diketahui, LAPAN akan menggunakan waktu Indonesia Barat sebagai rujukan lantaran beda waktu antara Indonesia Barat dan wilayah paling Timur menyebabkan perbedaan tinggi hilal hingga 3 derajat

Dilansir Kabar Besuki dari PMJ News, menurut Ketua LAPAN Thomas Djamaluddin, Ramadan 2021 akan genap 30 hari karena hilal tak terlihat hari ini. Lebaran tahun ini akan jatuh pada 13 Mei 2021.

Baca Juga: H-2 Jelang Lebaran, Bandara Internasional Juanda Surabaya Sepi Penumpang

Thomas juga mengungkapkan, kemungkinan bila pada sore nanti hilal akan terlihat. Alasannya saat ini kondisi bulan masih terbenam.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: PMJ News Kemenag


Tags

Terkini

x