Data 279 juta Penduduk Indonesia Bocor di Internet, Ini yang Harus Dilakukan Jika Data Anda Masuk Disitu

- 23 Mei 2021, 15:36 WIB
Ilustrasi hacker.
Ilustrasi hacker. /Pixabay/Michael Treu

KABAR BESUKI - Data 279 juta penduduk Indonesia diduga bocor dan diperjual-belikan dalam sebuah forum tertentu. Data tersebut mencakup nomor KTP, gaji, nomor telefon, alamat dan email, bahkan data orang yang sudah meninggal juga terdapat di dalamnya.

Dalam forum itu disebutkan bahwa satu juta data sebagai contoh dapat diakses secara gratis dan tanpa kata sandi khusus

Dilansir Kabar Besuki dari Antara, Sementara itu, menurut Pengamat keamanan siber dari Vaksincom, Alfons Tanujaya, memberikan sejumlah saran bagi masyarakat sebagai pengguna (user) yang memberikan datanya kepada sejumlah pengelola seperti layanan telekomunikasi, layanan pesan-antar, hingga perbankan.

Baca Juga: Khatib Imam di Masjidil Haram Diserang Pria tak Dikenal, Pelaku Bertubuh Gempal dan Membawa Tongkat Kayu

Menurut Alfons, kini masyarakat harus memiliki asumsi bahwa data yang diberikan ke berbagai layanan yang digunakan "sudah bocor".

"Orang Indonesia perlu punya asumsi bahwa datanya 'sudah bocor'. Sehingga, jangan lakukan hal-hal penting dengan gunakan data-data yang sudah bocor ini," kata Alfons, yang dikutip dari Antara.

"Misalnya, kalau kita buat username dan password, hindari gunakan data-data yang sudah bocor. Seperti misalnya KTP sudah bocor, jadi nama, NIK, tempat dan tanggal lahir (juga bocor). Maka, jangan bikin pin pakai data lahir kita karena nanti mudah tertebak. Jangan bikin password dari tempat dan tanggal lahir, itu mudah ditebak karena datanya sudah bocor," ujar Alfons menambahkan.

Baca Juga: Kebiasaan Sehari-hari dapat Akibatkan Telingamu Tuli atau Budek, Justru Kegiatan Ini Sering Kita Lakukan

Alfons juga memaparkan, semoga data yang diduga bocor tersebut tidak disalahgunakan, dan penting bagi pengelola data untuk mengerti dan sadar bahwa data merupakan amanah, bukan berkah, untuk malah diperjualbelikan secara tidak bertanggung jawab.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x