Banyuwangi Gunakan Metode Baru 'Agro Solution' dalam Sistem Menanam Padi dengan Gunakan Mesin

- 31 Mei 2021, 13:33 WIB
Proses penanaman padi menggunakan mesin.
Proses penanaman padi menggunakan mesin. //@ari_vian200//Instagram

KABAR BESUKI - Kabupaten Banyuwangi mulai melakukan tanam perdana melalui metode ”agro solution” bekerja sama dengan salah satu BUMN pupuk, yaitu PT Pupuk Indonesia. 

Tanam perdana sistem pertanian modern tersebut dilakukan di Desa Karangsari, Kecamatan Sempu, Sabtu, 30 Mei 2021. Diharapkan dengan metode ini, produktivitas pertanian meningkat dua kali lipat. 

"Agro solution adalah jawaban masalah pertanian. Semoga sinergi inovasi bersama BUMN pupuk ini bisa meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan petani," kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, di Desa Karangsari, Kecamatan Sempu, Sabtu, 30 Mei 2021, seperti dilansir Kabar Besuki dari laman resmi Kabupaten Banyuwangi.

Baca Juga: 67 Pekerja Migran Sembuh, Termasuk Dua pasien COVID-19 Varian Baru Setelah Dirawat di RSLI Surabaya

Di Kecamatan Sempu, program agro solution dijalankan di lahan seluas 100 hektare.

Agro solution sendiri merupakan program yang digerakkan bersama oleh BUMN bidang pupuk untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan menambah penghasilan petani dengan pendampingan komprehensif, mulai on farm sampai off farm.

Di sektor on farm alias pengembangan di lahan, disediakan produk input pertanian non-subsidi berkualitas, baik itu pupuk, benih, serta pestisida dan sebagainya. Di samping itu, ada kawalan teknologi dan bimbingan teknis budidaya pertanian. Di sektor off farm, ada akses permodalan melalui perbankan, jaminan atas risiko gagal panen, serta kepastian pembelian panen oleh trader atau offtaker.

Baca Juga: 12 Akademi Militer Terbaik di Amerika Serikat, US Air Force Academy Paling Selektif dan Sulit Dimasuki

"Dengan program ini, petani dan teman-teman penyuluh pertanian bisa mendapatkan pendampingan metode pertanian modern untuk meningkatkan produktivitas. Sinergi ini juga memberikan kemudahan pada petani untuk mendapat bantuan modal perbankan dan jaminan gagal panen," kata Ipuk. 

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: banyuwangikab.go.id


Tags

Terkini

x