Bupati Banyuwangi Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila, Presiden Jokowi: Kokohkan Nilai Pancasila

- 1 Juni 2021, 18:40 WIB
Foto: Upacara Hari Lahirnya Pancasila
Foto: Upacara Hari Lahirnya Pancasila /@jokowi/Instagram/

KABAR BESUKI - Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila,  secara virtual, Selasa, 1 Juni 2021. 

Bupati Ipuk didampingi anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah antara lain Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin, Dandim 0825 Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, dan Ketua DPRD Banyuwangi, I Made Cahyana Nagara. 

Juga dihadiri perwakilan dari Danlanal Banyuwangi, perwakilan Kejaksaan Negeri Banyuwangi, dan perwakilan dari Pengadilan Negeri. 

Baca Juga: Rey Utami Istri Pablo Benua Alami Keguguran, Suami Ungkap Penyebab Alasan Musibah Tersebut

Dalam peringatan tersebut, Presiden Jokowi berpesan agar peringatan Hari Lahir Pancasila harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Walaupun pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang sejarah RI berdiri, namun tantangan yang dihadapi pancasila tidaklah semakin ringan. Globalisasi dan interaksi antar berbagai belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan. Yang harus kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi termasuk rivalitas antar pandangan, antar nilai-nilai dan ideologi,” kata Presiden Jokowi, seperti dilansir Kabar Besuki dari laman resmi Kabupaten Banyuwangi.

Baca Juga: Unggah Foto Bersama Kekasih Bulenya, Perut Kempes Lucinta Luna Jadi Sorotan Netizen

Menurut Presiden Jokowi, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga mempengaruhi ideologi. Karena itu, imbuhnya, diperlukan cara-cara baru yang luar biasa, memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama revolusi industri 4.0. Sekaligus pancasila harus menjadi pondasi dalam mengembangkan pengetahuan dan teknologi yang ber-keIndonesiaan.

Ditemui seusai upacara, Bupati Ipuk menyebut ide tentang Pancasila merupakan ide yang luar biasa yang digagas Bung Karno. Dan prosesnya pun dilakukan dengan  melalui banyak perenungan, doa, dan belajar sehingga Pancasila bisa bertahan sampai sekarang dan menjadi ideologi Indonesia.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: banyuwangikab.go.id


Tags

Terkini

x