Tips Agar Tidak Tertular Covid-19 Varian Delta dan yang Lainnya, Wajib Dilakukan Agar Terhindar

- 25 Juni 2021, 18:10 WIB
Tips Agar Tidak Tertular Covid-19 Varian Delta dan yang Lainnya
Tips Agar Tidak Tertular Covid-19 Varian Delta dan yang Lainnya /Pexels/Anna Shvets/free-photos/

KABAR BESUKI - Saat ini, kasus varian baru virus corona terus bertambah di Indonesia. Terakhir, dilaporkan terdapat sekitar 140 kasus varian baru yang telah diidentifikasi.

Varian baru yang telah diidentifikasi di Indonesia adalah varian Alpha (B117) yang ditemukan di Inggris, varian Beta (B1351) yang ditemukan di Afrika Selatan, serta varian Delta (B1617.2) yang ditemukan di India dan disebut lebih cepat menular.
 
Selain dengan lebih mengintensifkan tracing kasus baru, pencegahan penularan varian baru virus corona juga bisa dilakukan dengan menerapkan beberapa protokol sederhana dalam kehidupan sehari-hari. 
 
 
Berikut beberapa cara untuk mencegah risiko tertular varian baru virus corona yang dikutip Kabar Besuki dari laman resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
 
1. Batasi Waktu Berkumpul yang Tidak Penting
 
Cara pencegahan penularan virus corona yang efektif, yaitu membatasi waktu berkumpul yang tidak penting. Mengadakan kegiatan kumpul keluarga dan teman-teman sering menjadi pemicu klaster corona.
 
Meski termasuk dalam circle terdekat, pastikan untuk selalu meminimalkan kontak, apalagi virus corona varian delta lebih cepat menular. 
 
Hal ini mungkin sulit dilakukan, namun tetap penting diterapkan supaya pandemi Covid-19 bisa segera teratasi dan aktivitas bisa kembali seperti biasanya. 
 
 
2. Perkecil Jumlah Circle Sosial
 
Setiap orang yang tinggal di luar rumah dan kamu temui meningkatkan risiko dan membuat pelacakan kontak menjadi lebih sulit.
 
Kondisi seperti ini menjadi saat yang tepat untuk mengurangi jumlah keluarga dalam circle
 
Kondisi ini perlu dimaklumi dan dipahami untuk sementara mengingat keadaan tidak seaman dulu. 
 
 
Jika kamu bisa mengidentifikasi circle aman dari beberapa orang yang sangat terpercaya, maka kamu bisa melewati pandemi ini. 
 
Jika kamu memiliki lingkungan sosial yang sangat besar, maka akan sulit untuk dikelola atau dilacak saat salah satu anggota terinfeksi. 
 
3. Batasi Belanja di Pasar atau Mall
 
Dalam kondisi pandemi saat ini, lebih baik untuk mempersingkat waktu dan tenaga yang kamu habiskan untuk berbelanja di pasar atau mall. 
 
Setiap menit waktu yang kamu habiskan saat berbelanja di pasar atau mall akan meningkatkan risiko terpapar virus Covid-19.
 
 
Jika memungkinkan, gunakan pilihan berbelanja alternatif seperti drive thru atau berbelanja secara online. 
 
Manfaatkan teknologi dan inovasi yang sudah canggih dan memudahkan kamu untuk membeli kebutuhan sehari-hari.
 
4. Waspada saat kembali bekerja dan sekolah
 
Bagi mereka yang masih harus bekerja di luar rumah, para pakar menyarankan untuk tetap berhati-hati pada tempat atau ruangan yang memiliki ventilasi buruk.
 
Pasalnya, banyak kasus hingga klaster Covid-19 diawali dari lingkungan pekerjaan. Ini mungkin terjadi akibat banyaknya karyawan yang melakukan rapat atau bekerja di dalam ruangan berventilasi buruk, sehingga risiko penularan semakin besar.
 
 
5. Perlu pakai masker dobel
 
Penggunaan masker dobel atau double masking kini disarankan oleh banyak ahli, termasuk oleh pakar penyakit menular AS Anthony Fauci.
 
Hal ini juga dinilai lebih efektif untuk mencegah penularan varian baru Corona yang saat ini sudah semakin menyebar.
 
Selain itu ada lagi cara mengendalikan penyebaran Covid-19 dan varian-varian barunya yang direkomendasikan oleh WHO adalah dengan terus menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 
 
 
Empat hal ini harus dilakukan sekarang:   
- Cuci tangan dengan air bersih mengalir dan sabun 
 
- Jaga jarak setidaknya 1 meter (m) dengan orang lain 
 
- Kenakan masker 
 
- Batasi waktu berada di atau hindari ruangan tertutup dan ramai.*** 

Editor: Prasetyo Bagus Pramono

Sumber: Kementerian Kesehatan


Tags

Terkini

x