Wacana PPKM Akan Diperpanjang sampai 6 Minggu, Luhut: Jangan Kelamaan, Malah Buat Mati

- 15 Juli 2021, 16:26 WIB
Wacana PPKM Akan Diperpanjang sampai 6 Minggu, Luhut: Jangan Kelamaan, Malah Buat Mati
Wacana PPKM Akan Diperpanjang sampai 6 Minggu, Luhut: Jangan Kelamaan, Malah Buat Mati /Instagram @luhut.pandjaitan/

KABAR BESUKI - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan data perubahan selama PPKM Darurat. 

Dia mengatakan beberapa wilayah di Jawa-Bali mengalami penurunan. Salah satu data yang disampaikan Luhut antara lain turunnya aktivitas malam hari warga di Yogyakarta dan Bali. 

Namun Luhut juga memaparkan kenaikan drastis kasus positif karena varian Delta. Lantas, akankah PPKM Darurat akan diperpanjang?
 
Luhut tidak menjawab pertanyaan tersebut secara gamblang. Dia mengatakan meroketnya kasus positif di RI tidak terprediksi.
 
Menurutnya, pihaknya harus terlebih dahulu melihat data-data sebelum memutuskan untuk memperpanjang.
 
Pemerintah, kata Luhut akan berhati-hati dalam memutuskan hal tersebut.
 
"Ini tentu kami amati dengan cermat. Kami punya tim juga yang amati sampai berapa jauh ini kami pergi, istilah saya itu kalau bengkok sesuatu mesti ada batasnya, kalau bengkok terus ya patah," ujar Luhut dalam konferensi pers virtual, Kamis, 15 Juli 2021, seperti dilansir Kabar Besuki dari Youtube Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI.
 
Selain itu, Wakil Ketua KPCPEN ini juga memperhatikan kondisi ekonomi jika PPKM Darurat diperpanjang. 
 
Jangan sampai memperpanjang masa PPKM darurat ini membuat ekonomi lagi-lagi terpuruk.
 
"Kami amati betul masalah ekonomi ini, jangan sampai kelamaan, juga malah buat mati. Saya juga nanti akan bertemu dengan asosiasi guru besar dari Universitas Indonesia, dan saya juga akan minta pendapat mereka juga," katanya.
 
Bahkan, tidak hanya di Indonesia, Luhut juga menyinggung negara lain juga ikut terdampak masifnya penyebaran virus corona varian Delta.
 
"Saya kira ini begini, kasus meroket ini sudah kita duga juga mungkin terjadi, tapi tidak kita duga secepat ini. Karena pemahaman kita mengenai delta varian ini juga tidak paham betul, Anda sudah lihat bukan hanya kita, banyak negara lain yang kena," ungkap Luhut.
 
Dalam mengantisipasi agar skenario terburuk tidak terjadi, Luhut menyampaikan, pemerintah telah mengamankan lebih dari 40 juta vaksin.
 
Pihaknya juga akan mempercepat vaksinasi hingga mencapai 1 juta suntikan per hari.
 
Selain itu, pemerintah juga tengah melakukan penambahan tempat tidur di rumah sakit dan membuat rumah sakit baru khusus Covid-19 di beberapa daerah.
 
Pemerintah juga akan menambah tenaga kesehatan seperti dokter dan perawat yang sudah dalam masa akhir pendidikan.***

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Youtube Kemenko Bidang Maritim dan Ivestasi RI


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah