Rocky Gerung Sebut Indonesia Saat Ini Alami Krisis Kepemimpinan: Kita Nggak Lihat Ada Keutuhan

- 18 Juli 2021, 22:09 WIB
Rocky Gerung Sebut Indonesia Saat Ini Alami Krisis Kepemimpinan: Kita Nggak Lihat Ada Keutuhan
Rocky Gerung Sebut Indonesia Saat Ini Alami Krisis Kepemimpinan: Kita Nggak Lihat Ada Keutuhan /Rocky Gerung/Instagram.com/@rocky_gerung_official

KABAR BESUKI - Pengamat politik dan akademisi Rocky Gerung menilai Indonesia saat ini mengalami krisis kepemimpinan khususnya dalam penanganan pandemi.

Rocky Gerung menilai sejumlah anggota dalam kabinet pemerintahan saat ini tak memiliki sinergi yang kuat.

"Ya ini kita mau coba baca apa yang sebetulnya terjadi di Istana sehingga semua orang seolah-olah punya pengetahuan lalu diucapkan pada publik dan kita bingung gitu. Kalau nggak ngerti ya sebaiknya diem gitu," kata Rocky Gerung sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Rocky Gerung Official pada Minggu, 18 Juli 2021.

Baca Juga: Rocky Gerung Sebut Penanganan Pandemi Covid-19 Membutuhkan Pemimpin yang Mampu Mengambil Keputusan

Rocky Gerung berpendapat, saat ini beberapa tokoh petinggi negara cenderung saling menonjolkan eksistensinya masing-masing dengan berlomba-lomba mencari atensi publik.

Akan tetapi, hal tersebut justru menjadi bahaya tersendiri berdasarkan prinsip manajemen yang dikemukakan oleh Aristoteles.

"Tetapi sekarang, kita lihat nggak ada keutuhan di dalam cara mengambil keputusan. Satu prinsip dalam manajemen, dulu filsuf Aristoteles pernah menerangkan bahaya dari seolah-olah menganggap penjumlahan pikiran itu bisa menghasilkan kebutuhan yang bagus, sebetulnya nggak selalu terjadi begitu," ujarnya menjelaskan.

Rocky Gerung mengatakan bahwa tidak adanya sinergi, koordinasi, dan orkestrasi dalam sebuah tim akan menimbulkan kekacauan internal, khususnya dalam pengelolaan negara.

"Kalau penjumlahan itu tidak diorkestrasi, maka hasilnya adalah kekacauan," kata dia.

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Rocky Gerung Official


Tags

Terkini

x