Menkes Ungkap Penyebab Pasien Covid-19 Meninggal Saat Isoman: Ada Beban Sosial

- 27 Juli 2021, 09:12 WIB
Menkes Ungkap Penyebab Pasien Covid-19 Meninggal Saat Isoman: Ada Beban Sosial
Menkes Ungkap Penyebab Pasien Covid-19 Meninggal Saat Isoman: Ada Beban Sosial //@sekretariat.kabinet//Instagram

KABAR BESUKI – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa ada banyak faktor yang menyebabkan para pasien Covid-19 meninggal saat menjalani isolasi mandiri.

Salah satu penyebab yang membuat tingginya kasus kematian pada para pasien isoman yakni stigma negatif dari masyarakat terhadap pasien Covid-19.

Menkes mengungkap bahwa masih banyak sekali orang-orang yang masih memandang buruk pasien positif Covid-19 sehingga membuat sang pasien sering merasa tertekan hingga takut untuk melapor.

Baca Juga: Indonesia Disebut Beruntung Bisa Mendapat Investasi China, Luhut: Ternyata Mereka Itu Punya Teknologi Bagus

“Saya sedih memang saya juga mendapat banyak masukan, banyak yang isoman yang meninggal, nah penyebabnya banyak, bukan hanya tidak diterima di rumah sakit, tapi rupanya kalau orang yang sakit di banyak daerah itu masih dilihat sebagai orang yang ternoda, orang terhukum,” ungkap Menkes Budi dalam konferensi pers dikutip Kabar Besuki dalam kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Banyaknya stigma negatif masyarakat terhadap para pasien Covid-19 ini ternyata memberikan dampak buruk bagi para pasien.

Menkes bahkan mengungkap bahwa stigma buruk terhadap pasien Covid-19 ini justru membuat para pasien jadi ketakutan dan akhirnya takut untuk melapor meski sudah mengalami gejala berat.

Baca Juga: Mendagri Tito Karnavian Intruksikan Satpol PP dan TNI-Polri Awasi Aturan Makan 20 Menit

“Jadi kasihan orang-orang ini, orang-orang ini tidak mau dites, tidak mau lapor, karena dia ada beban sosialnya,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: YouTube Sekretariat Presiden


Tags

Terkini