Rocky Gerung Sebut Kemunduran Demokrasi Bisa Picu Investor Kabur dari Indonesia

- 20 Agustus 2021, 14:12 WIB
Rocky Gerung Sebut Kemunduran Demokrasi Bisa Picu Investor Kabur dari Indonesia
Rocky Gerung Sebut Kemunduran Demokrasi Bisa Picu Investor Kabur dari Indonesia /Rocky Gerung/Tangkap Layar YouTube.com/Rocky Gerung Official

KABAR BESUKI - Pengamat politik dan akademisi Rocky Gerung menyebut kemunduran demokrasi bisa memicu para investor kabur dari Indonesia.

Rocky Gerung mengutip sebuah survei yang menunjukkan bahwa demokrasi di Indonesia terus mengalami kemunduran sejak Pilpres 2014.

"Di tingkat Asia, (demokrasi) kita di bawah Filipina. Dan survei yang sama menunjukkan bahwa Indonesia dari 2014 sampai sekarang ini yang paling buruk. Jadi kita pada puncak demokrasi itu di 2014," kata Rocky Gerung sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Rocky Gerung Official pada Jumat, 20 Agustus 2021.

Baca Juga: Demokrasi Indonesia Disebut Alami Kemunduran, Rocky Gerung: Kekuasaan Ini Sebetulnya Maunya Apa?

Berdasarkan survei tersebut, banyak negara menilai Indonesia kini sangat berbahaya secara medis maupun demokrasi.

Ketika Indonesia masih belum mampu atasi pandemi, pemerintah juga dinilai kurang maksimal dalam menangani hal tersebut namun cenderung memberangus kritik dari publik yang tidak sesuai dengan kepentingan mereka.

"Terjadilah kesepakatan (internasional) untuk menilai bahwa Indonesia berbahaya secara medis karena pandemi tak bisa teratasi, juga berbahaya sebagai demokrasi," ujarnya.

Baca Juga: Rocky Gerung Sebut Investor Asing Kabur dari Indonesia di Masa Pandemi Akibat Guncangan Politik

Rocky Gerung menilai hal tersebut dapat membuat Indonesia tidak lagi menjadi daya tarik bagi investor.

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Rocky Gerung Official


Tags

Terkini

x