Penolakan Banding Habib Rizieq Dinilai Janggal, Refly Harun: Irasionalitas Hukum Kembali Dipraktekkan ke Kita

- 30 Agustus 2021, 14:10 WIB
Penolakan Banding Habib Rizieq Dinilai Janggal, Refly Harun: Irasionalitas Hukum Kembali Dipraktekkan ke Kita
Penolakan Banding Habib Rizieq Dinilai Janggal, Refly Harun: Irasionalitas Hukum Kembali Dipraktekkan ke Kita /Pikiran-rakyat.com/Fauzan

KABAR BESUKI - Pakar hukum tata negara Refly Harun menilai penolakan banding Habib Rizieq di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta terasa janggal.

Refly Harun menilai telah terjadi irasionalitas hukum yang telah dipraktekkan oleh Pengadilan Tinggi DKI Jakarta terkait penolakan banding Habib Rizieq atas kasus penyebaran berita bohong terkait tes swab RS Ummi.

Refly Harun juga menilai masa hukuman yang diterima Habib Rizieq atas kasus tersebut sama dengan masa hukuman yang dijalani oleh Jaksa Pinangki untuk kasus berbeda, bahkan untuk tiga kasus sekaligus.

"Irasionalitas hukum kembali dipraktekkan ke kita. Bayangkan, kasus Habib Rizieq ini sebanding dengan kasus Jaksa Pinangki. Jaksa Pinangki itu melakukan tiga kejahatan sekaligus yaitu menerima suap, pencucian uang, dan pemufakatan jahat. Dan dia adalah pejabat publik bahkan penegak hukum yaitu seorang jaksa," kata Refly Harun sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Refly Harun pada Senin, 30 Agustus 2021.

Baca Juga: Sidang Putusan Banding Rizieq Shihab Dijaga 1.149 Personel Pengamanan

Menurut Refly Harun, putusan terakhir Habib Rizieq dan Jaksa Pinangki yang sama-sama divonis empat tahun penjara terkesan tidak adil.

Apalagi, putusan terakhir untuk Jaksa Pinangki merupakan hasil diskon dari yang sebelumnya divonis sepuluh tahun penjara.

"Bayangkan, putusannya sama-sama empat tahun, sama-sama di level Pengadilan Tinggi. Walaupun sebelumnya sepuluh tahun tapi didiskon menjadi empat tahun dan Jaksa Penuntut Umum (JPU) tidak banding," ujarnya.

Baca Juga: Umat Islam, Kristen, Hindu, Budha, dan Konghucu Disebut-sebut Akan Bebaskan Habib Rizieq? Ini Faktanya

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Refly Harun


Tags

Terkini

x