'Kejeniusan' Presiden Jokowi Dipertanyakan, Rocky Gerung Ungkap Hasil Penelitian Bill Liddle

- 14 Oktober 2021, 10:22 WIB
'Kejeniusan' Presiden Jokowi Dipertanyakan, Rocky Gerung Ungkap Hasil Penelitian Bill Liddle
'Kejeniusan' Presiden Jokowi Dipertanyakan, Rocky Gerung Ungkap Hasil Penelitian Bill Liddle /Instagram.com/@jokowi

KABAR BESUKI - Beberapa waktu lalu, publik dibuat penasaran dengan pernyataan profesor asal Singapura, Kishore Mahbubani yang menyebut Presiden Jokowi memiliki kejeniusan dalam bidang ekonomi.

Pengamat politik dan akademisi Rocky Gerung mengungkapkan hasil penelitian Bill Liddle yang mempertanyakan kejeniusan Presiden Jokowi.

Rocky Gerung mengaku tak sependapat dengan Kishore Mahbubani karena hasil penelitian Bill Liddle terhadap kinerja pemerintahan Presiden Jokowi dinilai jauh lebih objektif.

Baca Juga: Profesor Singapura Puji Jokowi 'Orang Jenius', Rocky Gerung: Ini Semacam Advertorial, Harusnya Dia Bikin Riset

Rocky Gerung mengaku mengenal baik sosok Bill Liddle bahkan pernah makan bersama di rumahnnya yang berada di Columbus, Ohio, Amerika Serikat.

Menurut Rocky Gerung, Bill Liddle merupakan sosok yang sederhana namun memiliki perhatian yang sangat luar biasa terhadap Indonesia.

"Ya itu Pak Liddle saya kenal, saya pernah makan di rumahnya di Columbus, Ohio mungkin 20-30 tahun lalu ketika saya masih muda ikut seminar-seminar di Amerika. Dia orang sederhana, tapi dia punya perhatian yang luar biasa pada Indonesia," kata Rocky Gerung sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Rocky Gerung Official pada Kamis, 14 Oktober 2021.

Rocky Gerung menyebut Bill Liddle sangat memahami politik di sejumlah daerah Indonesia dan dikenal sebagai Indonesianis yang bermutu, meski sempat menuai kontroversi karena pernyataannya yang pernah mengaitkan politik rezim Soeharto dengan kebudayaan Jawa.

"Dia paham karena dia research soal politik daerah, Sumatera, dan dia terkenal sebagai Indonesianis yang bermutu, walaupun dulu ada pertentangan karena Bill Liddle selalu melihat Indonesia dari perspektif kebudayaan, bukan dari perspektif politik ekonomi seperti Ben Anderson misalnya," ujarnya.

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Rocky Gerung Official


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x