5 Kegiatan Ini Membuat Ginjal Rusak, Hindarilah Sebelum Terlambat dan Menyesal

- 19 Oktober 2021, 20:15 WIB
Ilustrasi 5 Kegiatan Ini Membuat Ginjal Rusak, Hindarilah Sebelum Terlambat dan Menyesal
Ilustrasi 5 Kegiatan Ini Membuat Ginjal Rusak, Hindarilah Sebelum Terlambat dan Menyesal /Unsplash.com/Robina Weermeijer
KABAR BESUKI - Ginjal merupakan bagian tubuh kita yang berfungsi untuk menyaring racun-racun dalam tubuh dan menetralkannya.
 
Dalam setiap tubuh manusia normal terdapat 2 ginjal di kanan dan kiri. Apabila salah satu ginjal hilang maka kinerjanya akan turun dan mengganggu sistem dalam tubuh.
 
Selain menetralkan racun, ginjal juga berfungsi untuk menyaring darah. Proses penyaringan tersebut akan menghasilkan zat dan kelebihan cairan yang akan dikeluarkan lewat urine.
 
Maka dari itu sepasang ginjal sangat penting bagi tubuh manusia, jika tidak ada satu maka sistem kerja akan terganggu bahkan yang paling burung adalah kematian.
 
Maka dari itu, hindarilah makanan atau minuman bahkan kegiatan yang membahayakan kondisi ginjal dan organ-organ di tubuhmu.
 
Seperti dilansir Kabar Besuki dari Instagram @seputar.kesehatan, berikut ini ada beberapa kegiatan yang dapat merusak ginjalmu.
 
1. Kurang Minum
 
Kurang minum dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi kronis dalam tubuh dapat menyebabkan penumpukan racun yang tidak mudah dihilangkan oleh ginjal.
 
2. Konsumsi Kafein Berlebih
 
Kafein meningkatkan tekanan darah dan asupannya yang berlebihan dapat menyebabkan banyak tekanan pada ginjal.
 
3. Konsumsi Alkohol
 
Alkohol sebetulnya adalah racun. Sehingga, konsumsi yang berlebihan dapat mengganggu kinerja ginjal dan menyebabkan kerusakan.
 
4. Konsumsi Garam Berlebih 
 
Garam merupakan mineral penting bagi tubuh, namun konsumsinya yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah dan memberi banyak tekanan pada ginjal.
 
5. Konsumsi Gula Berlebih
 
Konsumsi gula yang berlebih dapat mengakibatkan penyakit diabetes, namun ada yang lebih bahaya lagi yaitu mepengaruhi kesehatan ginjal dan fungsinya.
 
Maka dari itu hindari sebisa mungkin kegiatan di atas, kurangi kalau bisa dihindari.
 
Sesuaikan dengan kemampuan tubuhmu, semuanya yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan tubuhmu sendiri.
 
Terapkan pola hidup sehat dan hindari makanan dan pola hidup yang buruk.***

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Instagram @seputar_kesehatan


Tags

Terkait

Terkini

x