Pinjol Makan Banyak Korban, Rocky Gerung: Ini Satu Paket Keresahan Sosial, Dihasilkan Pemerintah yang Kacau

- 24 Oktober 2021, 12:02 WIB
Pinjol Makan Banyak Korban, Rocky Gerung: Ini Satu Paket Keresahan Sosial, Dihasilkan Pemerintah yang Kacau
Pinjol Makan Banyak Korban, Rocky Gerung: Ini Satu Paket Keresahan Sosial, Dihasilkan Pemerintah yang Kacau /Ilustrasi - Pikiran Rakyat Media Network/

KABAR BESUKI - Belakangan ini jasa pinjaman online (pinjol) semakin memakan banyak korban, bahkan hingga ada yang memutuskan untuk bunuh diri karena tak sanggup melunasi hutang dan bunganya.

Akademisi Rocky Gerung turut buka suara mengenai fenomena pinjol di Indonesia yang telah memakan banyak korban.

Rocky Gerung menilai pinjol yang memakan banyak korban sebagai satu paket keresahan sosial yang dihasilkan oleh pemerintah yang kacau.

Baca Juga: Data Kontak Disadap Pinjol Ilegal? Polisi Himbau Untuk Segera Lapor

Rocky Gerung menemukan sebuah hal unik di balik pinjol yang telah memakan banyak korban.

Dia mengatakan, banyak orang berbondong-bondong mengajukan pinjol karena digerakkan oleh pemerintah dengan asumsi bahwa kondisi ekonomi Indonesia akan cepat pulih tanpa memperhitungkan dampaknya secara komprehensif.

 

"Ada satu hal yang unik dalam pinjol ini, moral hazard justru dibangkitkan oleh semacam sugesti bahwa 'Ini pemerintah akan back-up'. Kan ini (pinjol) dari awal idenya Pak Jokowi tuh, maka rakyat bergerombol di sekitar rentenir-rentenir ini dengan asumsi bahwa ekonomi akan cepat pulih, yang secara ekonomis memang nggak pernah dihitung," kata Rocky Gerung sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Rocky Gerung Official pada Minggu, 24 Oktober 2021.

Rocky Gerung menilai, banyak orang mengajukan pinjol karena keterpaksaan akibat keterpurukan ekonomi terlebih di tengah pandemi, sehingga banyak korban pinjol terpaksa melakukan tindakan kriminal demi melunasi pinjol tersebut.

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Rocky Gerung Official


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x