UPDATE Gunung Semeru Hari ke 8 Pasca Erupsi, Terpantau Aman dan Cuaca Cerah

- 11 Desember 2021, 11:15 WIB
Kondisi terkini Gunung Semeru pasca Erupsii, terpantau aman dan cuacanya cerah.
Kondisi terkini Gunung Semeru pasca Erupsii, terpantau aman dan cuacanya cerah. /PGA Pos Semeru

KABAR BESUKI – Erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada 4 Desember 2021 lalu telah menyisakan luka yang cukup dalam bagi para korban dan masyarakat yang terdampak.

Memasuki hari ke delapan pasca terjadinya erupsi yang melontarkan Awan Panas Guguran (APG) hari ini kondisi Gunung Semeru terpantau aman.

Melansir Kabar Besuki dari laman resmi Kabupaten Lumajang, Aktivitas Gunung Semeru dari pantauan Pos Pengamatan Gunung Api di Gunung Sawur Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro terpantau stabil.

Pada periode pengamatan per Tanggal 11 Desember 2021 Pukul 00.00 - 06.00 WIB, Gunung setinggi Semeru 3.676 mdpl tersebut terpantau jelas dan cuaca cerah, sementara asap kawah tidak teramati.

Baca Juga: Denny Darko Ramal Wilayah Ini Akan Dihantam Tsunami Setinggi 20 Meter, Masyarakat Diminta Waspada!

"Visual gunung jelas, asap kawah tidak teramati. Teramati kepulan asap tinggi 50 meter dari kawah, arah kepulan ke utara," ujar petugas PGA, Liswanto, Sabtu, 11 Desember 2021, Kabar Besuki dari laman resmi Kabupaten Lumajang.

Tak hanya itu, sementara ini terpantau aktivitas kegempaan terpantau sempat terjadi guguran dengan jumlah 3 kali amplitudo: 2-3 mm, Durasi: 10-12.5 detik.

Sedangkan hembusan 1 kali dengan amplitudo: 1 mm, Durasi: 50 detik dan Tektonik Jauh terjadi sejumlah 1 kali dengan amplitudo: 10 mm, S-P: 15 detik, Durasi: 48 detik.

Aktivitas Gunung Semeru masih dalam level II Waspada. Kendati demikian masyarakat atau pengunjung tetap diimbau tidak beraktivitas dalam radius 1 Km dari kawah atau puncak Gunung Semeru.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: lumajangkab.go.id


Tags

Terkait

Terkini

x