Pesawat Jet Tempur KF-21 Boramae Buatan Indonesia dan Korea Selatan Samai Kemampuan Pesawat Siluman

- 6 Januari 2022, 15:15 WIB
Pesawat KF-21 Boramae
Pesawat KF-21 Boramae /KAI

KABAR BESUKI - Indonesia semakin mentereng dengan segudang prestasi yang dibuatnya. Kali ini prestasi datang dari ranah Militer, bukan pasukan ataupun yang lainnya yang akan di bahas kali ini.
 
Indonesia bekerja sama dengan Korea Selatan menciptakan sebuat pesawat jet tempur. Kolaborasi penciptaan pesawat antara Indonesia dengan Korea Selatan tersebut bahkan sudah di Launcing.
 
Pada tahun lalu tepatnya bulan April 2021 lalu, pesawat buatan Korea Selatan dan Indonesia sudah diperkenalkan dan sudah dilauncing.
 
 
Namun, pada bulan April di tahun kemarin mereka hanya mengenalkan prototipenya saja.
 
Pesawat kolaborasi antara Korea Selatan dan Indonesia ini dinamai dengan Jet Tempur KF-21 Boramae.
 
Pesawat ini disinyalir menjadi era baru dalam perkembangan pesawat jet tempur dunia, bukan hanya itu, pesawat ini digadang-gadang menyamai kemampuan dari pesawat siluman.
 
Dengan diperkenalkannya pesawat Jet Tempur KF-21 Boramae ini berarti pertanda bahwa jet tempur tersebut akan dipedagangkan secara massal.
 
 
Sebelum itu terjadi, pesawat buatan Indonesia dan Korea Selatan tersebut harus lolos dalam tes uji coba yang rencananya akan dilakukan pada tahun 2022 ini.
 
Jika memang rencana tersebut terealisasi maka pesawat Jet Tempur KF-21 Boramae akan melakukan penerbangan perdana pada tahun ini.
 
Seperti dillansir Kabar Besuki dari YouTube JejakTapak News, Jet Tempur KF-21 Boramae tersebut merupakan kerja sama Korea Selatan dengan Indonesia.
 
Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in menetapkan tujuan Korea Selatan ingin menjadi Industri penerbangan terbesar ke tujuh di dunia pada tahun 2030-an.
 
 
Maka dari itu untuk mewujudkan impian tersebut, saat ini Korea Selatan mengembangkan beberapa proyek yang dapat merealisasikan tujuan tersebut.
 
Dalam pengembangan pesawat Jet Tempur KF-21 ini Indonesia hanya memberikan sebanyak 20 persen dan sisanya dari Korea Selatan.
 
Ini menandakan jika kompetensi orang-orang Indonesia mumpuni dalam bidang tersebut. Dalam pengembangan pesawat ini Indonesia hanya menyumbang 20 persen dari total pembiayaan keseluruhan dari pembuatan KF-21 Boramae.
 
 
Dengan munculnya pesawan Jet Tempur KF-21 Boramae ini diharapkan dapat bersaing dengan pesawat-pesawat elit milik negara-negara besar dunia seperti milik Amerika F-35.
 
Meskipun dari segi kemampuan Kf-21 ini masih belum menyamai F-35 namun setidaknya bisa bersaing di pasar-pasar di Asia.***

Editor: Yayang Hardita

Sumber: youtube JejakTapak News


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x