SATGAS TMDD 107 Situbondo Gandeng PKM Sumbermalang Fogging Rumah Warga

- 26 Maret 2020, 23:11 WIB
/

KabarBesuki, Situbondo - Demi mencegah berkembang biaknya jentik nyamuk Aedes Aegypti yang dapat menyebabkan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) , Satgas TMMD 107 Situbondo lakukan Fogging ke rumah-rumah warga setempat.
Anggota Polkes 05.10.16 Kesdam V/Brw yang berkantor di Jalan PB Sudirman Situbondo ini menggandeng tim medis dari Puskesmas Sumbermalang dalam kegiatan tersebut, Kamis (26/3/2020).

Menurut Peltu Bayu Agus Andhy yang langsung memimpin kegiatan tersebut, mengatakan bahwa peningkatan jumlah kasus DBD secara signifikan adalah di lokasi tersebut.

“Berdasarkan juga surat edaran dari Dirjen P2P Kemenkes dalam rangka cuaca ekstrim dan curah hujan yang tinggi di lokasi TMM 107,”ujarnya, Kamis (26/3/2020).

Instruksi ini, lanjutnya, agar masyarakat dan prajurit TNI yang sedang melaksanakan kegiatan TMMD 107 Kodim 0823 Situbondo terhindar dari penyakit Demam berdarah.

“Kami dii struksikan untuk melakukan pencegahan dan penindakan cepat terutama di daerah endemis. Untuk itu, tujuan fogging massal tersebut untuk mencegah menyebarnya penyakit DBD di masyarakat.”tegas Peltu Bayu.

Menurutnya, selain melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan fogging, petugas juga mengajak masyarakat untuk membersihkan lingungan sekitar dan rumahnya dengan program 3M (mengubur, menguras, dan menutup).

“Misalnya, mengubur wadah yang bisa menampung air bersih jadi berkembang biak nyamuk itu, termasuk menguras bak mandi dan melakukan tindakan-tindakan kebersihan yang lainnya,”imbuhnya.

Reporter : Joe/ifa

Editor: Choiri Kurnianto


Tags

Terkini