BLT Dana Desa Cair, Setiap KK di Banyuwangi Terima Rp600 Ribu

- 30 April 2020, 19:24 WIB
/

KABAR BESUKI - Desa-Desa se Banyuwangi mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) kepada warganya yang  terdampak pandemi Covid-19.

Sebanyak 108 desa telah mencairkan BLT tersebut dari total 189 desa di Banyuwangi. Adapun sisanya masih dalam proses, Kamis (30/4/2020).

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyampaikan Terima kasih kepada pemerintah pusat dan Kementerian Desa yang telah membikin skema pengalihan sebagian dana desa untuk membantu warga terdampak Covid-19.

Baca Juga: Tetap Waspada! ODP Di Kabupaten Banyuwangi Mencapai 735 ODP!

“Juga terima kasih kepada teman-teman kepala desa, camat, beserta dinas terkait yang terus lembur beberapa hari ini untuk menuntaskan pendataan, sehingga BLT bisa cair sejak kemarin,” ujar Bupati Anas di Aula Desa Sukojati, Kecamatan Blimbingsari, Kamis (30/4/2020).

Dalam BLT DD, setiap KK mendapat Rp.600.000 per bulan selama tiga bulan. Anas mengatakan, kecepatan penyaluran BLT ini tak lepas dari peran semua pihak yang terus melakukan validasi data calon penerima.

”Ini bukan pekerjaan mudah untuk sinkronisasi data. Sekali lagi, terima kasih kepada bapak/ibu kepala desa dan seluruh tim yang sudah bekerja keras melakukan validasi data sehingga warga bisa mendapatkan manfaat program ini dengan segera,” kata Anas.

Kata , Abdullah Azwar Anas menambahkan, selain BLT DD, warga Banyuwangi juga mendapatkan skema bantuan lain, mulai dari Program Keluarga Harapan, Kartu Sembako/Bantuan Pangan Non-Tunai, BLT Kemensos, dan program provinsi.

Selain itu, dari APBD Banyuwangi juga dialokasikan jaring pengaman berupa paket sembako, paket nutrisi ibu hamil dan menyusui, konsumsi harian pekerja informal, dan insentif santri serta beasiswa mahasiswa.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x