Menaker Ida Fauziyah Tanggapi Kritik Aturan Baru JHT, Rocky Gerung: Yang Sengsara Itu Rakyat

- 19 Februari 2022, 13:29 WIB
Menaker Ida Fauziyah Tanggapi Kritik Aturan Baru JHT, Rocky Gerung: Yang Sengsara Itu Rakyat.
Menaker Ida Fauziyah Tanggapi Kritik Aturan Baru JHT, Rocky Gerung: Yang Sengsara Itu Rakyat. /ADITYA PRADANA PUTRA/ANTARA FOTO

KABAR BESUKI - Menaker Ida Fauziyah menanggapi kritik aturan baru Jaminan Hari Tua (JHT) yang dipersoalkan buruh hingga menuai komentar dari pengamat politik sekaligus akademisi Rocky Gerung.

Rocky Gerung menegaskan bahwa aturan baru JHT yang dibuat Menaker Ida Fauziyah menuai kritik karena membuat rakyat sengsara.

Rocky Gerung mengingatkan kepada Menaker Ida Fauziyah akan tugasnya untuk memelihara orang yang jatuh miskin berdasarkan konstitusi, khususnya terhadap kaum buruh.

"Ya emang tugas pemerintah untuk memelihara orang yang jatuh miskin karena itu perintah konstitusi. Tapi soal JHT itu lain lagi, itu tabungan dari rakyat yang justru diambil pemerintah untuk membiayai proyek-proyek yang nggak disetujui rakyat," kata Rocky Gerung sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Rocky Gerung Official pada Sabtu, 19 Februari 2022.

Baca Juga: Said Didu Anggap Pemerintah Terlalu Banyak 'Pembenaran' untuk Menahan Dana JHT Pekerja: Semakin Terindikasi

Rocky Gerung menyoroti adanya kejanggalan ketika BPJS Ketenagakerjaan menugaskan pemerintah untuk memutar uang dengan segala cara.

Dia menyinggung isu bahwa ratusan triliun dana JHT saat ini sedang diputar untuk membeli Surat Utang Negara (SUN).

"Kan tetep kita tahu bagaimana seolah-olah ditugaskan BPJS Ketenagakerjaan untuk putar uang itu, dan cara yang paling gampang adalah 'udah, lu beli aja surat utang gue nih', kan negara bilang begitu dan itu yang paling besar porsinya," ujarnya.

Pria yang pernah menjadi pengajar di Universitas Indonesia (UI) itu juga menduga bahwa ada transaksi bisnis antara BPJS Ketenagakerjaan dengan pemerintah melalui perantara Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker).

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Rocky Gerung Official


Tags

Terkait

Terkini

x