Khofifah Minta Para Mubalig Aktif Edukasi Masyarakat Mengenai Covid

- 9 Mei 2020, 04:09 WIB
Gubernur Khofifah Serahkan Bantuan untuk Bakomubin
Gubernur Khofifah Serahkan Bantuan untuk Bakomubin /

KABAR BESUKI - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta mubalig ikut aktif mengedukasi masyarakat mengenai bahaya virus corona atau Covid-19.

Menurut Khofifah, hal ini penting mengingat tidak sedikit masyarakat yang masih nekat untuk beribadah di masjid  tanpa jaga jarak ( phisycal distancing) meskipun Pemerintah dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan maklumat untuk beribadah di rumah selama pandemi.

Baca Juga: SEMBUH ! Pasien Positif Covid19 di Baradatu Waykanan Dinyatakan Sembuh

“Saya berharap besar para mubaligh, ustadz, maupun tokoh-tokoh agama di Jatim bisa aktif turut membantu pemerintah mensosialisasikan tentang bahaya covid-19 kepada masyarakat luas.  Ternasuk cara pencegahannya,” ungkap Khofifah saat menerima silaturrahim  Badan Koordinasi Mubaligh Seluruh Indonesia (Bakomubin) Jawa Timur, Kamis (7/5).

Khofifah mengatakan, peran mubaligh sangat strategis bersama-sama pemerintah menghadapi pandemi ini.

Oleh karena itu, mubaligh diharapkan  mampu memberi penjelasan secara ilmiah dan pencerahan, serta perspektif positif kepada masyarakat luas bagaimana cara menghadapi wabah. Utamanya, dalam sudut pandang agama Islam.

Baca Juga: Meresahkan Warga,Polsek Pagu Kediri Tangkap Komplotan Pelaku Curas

Dengan begitu, tambah Khofifah, masyarakat bisa lebih bijak dalam bersikap karena memiliki pemahaman yang utuh. Baik secara ilmiah maupun spiritual. Cara ini, lanjut Khofifah, juga efektif dalam menangkal hoax yang membuat kegaduhan di masyarakat.

“Islam menjabarkan secara detil bagaimana sikap seorang muslim saat berhadapan dengan wabah penyakit. Nah, para mubaligh bisa menambahkan pesan tentang harus memakai masker, penerapan physical distancing, jangan dulu mudik, dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto


Tags

Terkini