Probolinggo Menetapkan 11 Kecamatan Menjadi Zona Merah Pandemi Covid

- 9 Mei 2020, 22:31 WIB
Update data terbaru Covid -19 Kabupaten Probolinggo, Sabtu (9/5/2020).
Update data terbaru Covid -19 Kabupaten Probolinggo, Sabtu (9/5/2020). /

KABAR BESUKI - Gugus Tugas Covid -19 Kabupaten Probolinggo menetapkan 11 Kecamatan menjadi zona merah pandemi Corona. Sebaran wilayah zona merah ini setelah tim Gugus Tugas Covid -19 berhasil mentracking pemudik asal Jakarta dan dinyatakan 1 orang positif.

Karangtina Desa yang terus dioptimalkan oleh Gugus Tugas Covid -19 Kabupaten Probolinggo terbilang efektif melokalisir penyebaran virus Corona. Sejak diberlakukan karangtina tingkat Desa jumlah pasien positip kian terpantau lebih riil dan memudahkan proses penanganan lebih cepat dan memudahkan tracking. Dari 24 pasien positip sepertiganya diketahui dari swab hasil proses karangtina.

Baca Juga: Penangkapan Dua Pemuda di Pordapor Karena Mencuri Sepeda Motor

” Dari segi jumlah sangat memungkinkan bertambah. Namun yang paling penting lokalisir orang yang diduga kuat terpapar dan sesegera mungkin mengambil tindakan cepat untuk isolasi. Adanya karangtina Desa memudahkan untuk mempersempit penyebaran virus”, ungkap dr.Anang Budi Yoelijanto,Sabtu (9/5/2020).

Karangtina Desa sangat efektif untuk tracking cepat dan memudahkan pemantauan orang. Proses karangtina Desa sangat membantu untuk melokalisir pemudik atau pendatang dari luar daerah yang memiliki potensi penularan berisiko tinggi covid -19, ungkap dr. Anang Budi Yoelijanto Juru Bicara Gugus Tugas Covid -19 Kabupaten Probolinggo.

” Pasien ke 24 itu laki-laji berusia 23 tahun berasal dari Jakarta yang termonitor dari karangtina Desa Bladu Kulon, Kecamatan Banyuanyar. Berdasarkan hasil swab 1 orang positip langsung kami isolasi di rumah pengawasan Gugus Tugas Covid -19. Kondisi pasien positip terpantau sehat,” ungkap dr.Anang.

Sampai hari ini Swab masal dilakukan tim Satgas Covid -19 khususnya di karangtina Desa. Menilik hasil swab terbaru status zona merah pandemi Covid -19 meliputi 11 kecamatan di Kabupaten Probolinggo.

Sisanya 13 kecamatan masih dinyatakan zona kuning. Hasil update terbaru orang dalam pantauan (ODP) 436 orang, Pasien dalam pengawasan (PDP) 51orang dan jumlah Positip 24 orang. Sejauh ini belum dilaporkan adanya pasien sembuh.***

Editor: Choiri Kurnianto


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah