Pesan Whatsaap Klaster Golden Swalayan Catut Humas Pemkot Kediri Hoax

- 20 Mei 2020, 00:28 WIB
/Pesan HOAX/

KABAR BESUKI - Pesan berantai melalui whatsapp berisi kontek HOAX, berisi klaster Golden mengatasnamakan Humas Pemkot Kediri membuat masyarakat heboh.

Dalam berita tersebut, ada himbauan agar warga Kota Kediri yang seminggu sebelum 18 Mei 2020 berkunjung ke Golden Swalayan agar melapor RT setempat.

“Berita beredar via whatsapp tersebut HOAX. Sengaja dibuat orang yang tidak bertanggung jawab dan berusaha memecah belah masyarakat. Yang jelas. Kami tidak pernah mengeluarkan himbauan seperti itu,” kata Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kediri, dr Fauzan Adima M.Kes, Selasa (19/5/2020).

Baca Juga: Gubernur Jatim Turut Berduka Meninggalnya Perawat Yang Sedang Hamil

“Semalam pada (18/5/2020) kami memang melakukan sampling rapid test. Hasil test pertama reaktif. Tapi tadi pagi (19/5/2020). Kami rapid test yang kedua hasilnya non reaktif. Jadi, masyarakat jangan tergesa-gesa menyimpulkan. Karena metodologi test virus corona harus bertahap,” tambah Fauzan Adima.

Dijelaskan Fauzan, Gugus Tugas telah membentuk tim bersama antara Dinkes, Satpol PP, Polres dan Kodim untuk keliling melakukan pemantauan pusat-pusat perbelanjaan, restoran dan coffee shop.

Sekaligus, kata Fauzan, melakukan sampling rapid test ke tempat-tempat keramaian. Namun, hasil rapid test seketika tidak menyimpulkan seseorang berstatus positif atau negatif.

“Karena yang bisa memastikan status positif hanya test swab dengan mesin PCR,” jelas Fauzan.

Masyarakat harus tetap tenang. Yang tidak ada keperluan mendesak tetap di rumah.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah