Rakyat Diminta Urunan Akibat Kekurangan Dana untuk IKN, Rocky Gerung: Kelihatan Bahwa Pemerintah Kesulitan

- 23 Maret 2022, 11:31 WIB
Rakyat Diminta Urunan Akibat Kekurangan Dana untuk IKN, Rocky Gerung: Kelihatan Bahwa Pemerintah Kesulitan.
Rakyat Diminta Urunan Akibat Kekurangan Dana untuk IKN, Rocky Gerung: Kelihatan Bahwa Pemerintah Kesulitan. /Tangkap Layar YouTube.com/Refly Harun

KABAR BESUKI - Pengamat politik dan akademisi Rocky Gerung menanggapi seruan pemerintah yang meminta rakyat urunan akibat kekurangan dana untuk membangun Ibu Kota Negara (IKN) baru.

Rocky Gerung menilai pemerintah sedang kesulitan akibat kekurangan dana untuk IKN sehingga memaksa rakyat untuk urunan.

Rocky Gerung mengaku juga bersedia untuk ikut urunan membiayai IKN, namun dia juga mempertanyakan ketersediaan kas negara sehingga memaksa rakyat untuk urunan demi membangun IKN.

"Saya sih mau saja urunan buat ibu kota baru. Jadi begitu terjadi kepanikan dan itu sebetulnya yang kita mau nilai, apa sebetulnya? Kas negara itu seberapa sih adanya, sehingga mesti urunan?," kata Rocky Gerung sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Rocky Gerung Official pada Rabu, 23 Maret 2022.

Baca Juga: Harga Tanah di Wilayah IKN Nusantara Melonjak Naik Sampai 10 Kali Lipat? Begini Penjelasan BPN

Rocky Gerung mengungkapkan bahwa ketidakmampuan pemerintah dalam memperoleh dana pembangunan IKN bisa memicu naiknya tarif pajak.

Bahkan, mantan pengajar di Universitas Indonesia (UI) itu mengungkapkan bahwa akibat kenaikan tarif pajak tersebut bisa memicu kenaikan harga kebutuhan pokok dan komoditas lainnya.

"Jadi memang nggak mampu, dan itu juga yang mungkin menyebabkan tarif pajaknya akan dinaikkan sebelas persen, jadi pasti akan terjadi kenaikan mulai dari kebutuhan pokok sampai alat olahraga, demikian juga buku segala macam," ujarnya.

Baca Juga: 33 Gubernur Batal Kemah di Titik Nol di IKN, Said Didu: Setelah Foto-foto, Akhirnya Dia Pulang Juga

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Rocky Gerung Official


Tags

Terkait

Terkini

x