Softbank Lebih Pilih Investasi di Timur Tengah Ketimbang IKN Baru, Rocky Gerung: Kegagalan Udah di Depan Mata

- 29 Maret 2022, 08:28 WIB
Softbank Lebih Pilih Investasi di Timur Tengah Ketimbang IKN Baru, Rocky Gerung: Kegagalan Udah di Depan Mata.
Softbank Lebih Pilih Investasi di Timur Tengah Ketimbang IKN Baru, Rocky Gerung: Kegagalan Udah di Depan Mata. / Instagram.com/@kemenpupr

KABAR BESUKI - Pengamat politik dan akademisi Rocky Gerung mengungkapkan alasan Softbank lebih memilih untuk menanamkan investasi di Timur Tengah ketimbang Ibu Kota Negara (IKN) baru.

Rocky Gerung menilai Softbank lebih memilih investasi di Timur Tengah karena potensi kegagalan proyek IKN baru yang sangat kuat.

Rocky Gerung bahkan mengungkapkan keputusan Softbank menandakan sebuah sinyal dari investor asing bahwa Timur Tengah jauh lebih layak sebagai tempat investasi yang menguntungkan dibandingkan dengan IKN baru.

"Karena sinyal Softbank itu artinya sinyal dari investor asing. Dia memang masih berupaya pergi ke Timur Tengah, mungkin untuk bujuk Uni Emirat Arab, Qatar, Arab Saudi, segala macem karena mereka memang punya dana yang banyak," kata Rocky Gerung sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Rocky Gerung Official pada Selasa, 29 Maret 2022.

Baca Juga: Rakyat Diminta Urunan Akibat Kekurangan Dana untuk IKN, Rocky Gerung: Kelihatan Bahwa Pemerintah Kesulitan

Rocky Gerung menegaskan, investor umumnya cenderung memilih untuk menanamkan investasi pada sesuatu hal jika potensi keuntungannya sangat menjanjikan.

Mantan pengajar sekaligus alumni Universitas Indonesia itu bahkan menyebut sinyal kegagalan proyek IKN baru semakin kuat jika duta besar negara-negara Timur Tengah di Indonesia buka suara.

Dia menyebut bahwa duta besar negara-negara Timur Tengah di Indonesia akan berpikir bahwa Presiden Jokowi akan gagal membangun IKN baru jika Softbank menyatakan mundur untuk mendanainya, terlebih jika melihat demo mahasiswa yang berlangsung pada Senin, 28 Maret 2022 kemarin.

"Tapi yang namanya investasi, mereka (investor) mau lihat potensinya baik apa enggak? Kalau misalnya negara-negara Arab ini melalui duta besar mereka yang ada di Jakarta melihat demo mahasiswa, mereka udah pasti berpikir bahwa 'Ini (IKN) pasti bakal batal lah'," ujarnya.

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Rocky Gerung Official


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x