Chusnul Mariyah Minta Presiden Jokowi Tiru Shinzo Abe: Udah Tidak Mampu Malah Mau Tiga Periode

- 30 Maret 2022, 07:15 WIB
Chusnul Mariyah Minta Presiden Jokowi Tiru Shinzo Abe: Udah Tidak Mampu Malah Mau Tiga Periode.
Chusnul Mariyah Minta Presiden Jokowi Tiru Shinzo Abe: Udah Tidak Mampu Malah Mau Tiga Periode. /Chusnul Mariyah/Instagram.com/@chusnul_mariyah

KABAR BESUKI - Aktivis Chusnul Mariyah meminta Presiden Jokowi meniru sikap mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe jika sudah dianggap tak lagi mampu memimpin negara.

Chusnul Mariyah meminta Presiden Jokowi meniru sikap Shinzo Abe dengan cara menolak tegas usulan untuk tetap memimpin hingga tiga periode.

Chusnul Mariyah mengatakan bahwa Presiden Jokowi dan pejabat negara lainnya harus memiliki tradisi seperti yang dipraktekkan oleh Shinzo Abe.

"Tingkah laku politik kalau Shinzo Abe itu mundur (jika dianggap tak mampu memimpin), kita udah tidak mampu malah mau tiga periode," kata Chusnul Mariyah sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Refly Harun pada Rabu, 30 Maret 2022.

Baca Juga: Spanduk Dukungan Jokowi Tiga Periode Bertebaran Jelang MotoGP Mandalika 2022, Begini Pendapat Refly Harun

Chusnul Mariyah kemudian juga memberikan contoh pelaksanaan pemilihan presiden di Chili yang dianggapnya efektif untuk mencegah abuse of power dari rezim yang sedang berkuasa.

Dosen FISIP Universitas Indonesia (UI) itu mengatakan, konstitusi di Chili melarang adanya calon incumbent sehingga presiden yang berkuasa saat ini tidak bisa menjabat sebanyak dua periode beruntun.

Bahkan menurutnya, UUD 1945 memungkinkan agar UU Pemilu dapat mengatur agar presiden yang baru sekali menjabat tidak dapat langsung maju pada Pilpres berikutnya hingga berakhirnya masa jabatan presiden yang baru.

"Chili itu Pilpresnya tidak boleh dua kali berturut-turut. Jadi sekali Anda tidur dulu, terus empat tahun baru maju lagi supaya tidak ada incumbent. Dan ternyata di konstitusi kita tidak ada yang menyebut dua kali berturut-turut," ujarnya.

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Refly Harun


Tags

Terkait

Terkini

x