Kritik Tajam Upaya Mobilisasi Jokowi, Rocky Gerung: Istana Sedang Membohongi Keluguan Masyarakat Desa

- 1 April 2022, 10:44 WIB
Kritik Tajam Upaya Mobilisasi Jokowi, Rocky Gerung: Istana Sedang Membohongi Keluguan Masyarakat Desa.
Kritik Tajam Upaya Mobilisasi Jokowi, Rocky Gerung: Istana Sedang Membohongi Keluguan Masyarakat Desa. /Instagram.com/@jokowi

KABAR BESUKI - Pengamat politik dan akademisi Rocky Gerung menyampaikan kritik tajam terhadap berbagai upaya mobilisasi politik yang dilakukan Jokowi akhir-akhir ini.

Rocky Gerung menilai Jokowi seolah bersikap mendua terhadap isu perpanjangan masa jabatan Presiden RI yang sedang mencuat.

Rocky Gerung menyebut Jokowi yang mengaku taat pada konstitusi justru melakukan upaya mobilisasi massa agar masa jabatannya dapat diperpanjang.

"Pak Jokowi sering mengatakan 'Saya taat pada konstitusi'. Kalau dia taat, konsekuensinya dia tidak melakukan mobilisasi," kata Rocky Gerung sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Rocky Gerung Official pada Jumat, 1 April 2022.

Baca Juga: Bandingkan Gaya Militeristik Soeharto dengan Jokowi, Rocky Gerung: Sekarang Presidennya Dikuasai Oligarki

Rocky Gerung mengingatkan bahwa konstitusi merupakan norma yang dimaksudkan untuk menghasilkan output politik yang sehat.

Akan tetapi, mantan pengajar Universitas Indonesia (UI) itu menilai bahwa Jokowi seolah bermain 'dua kaki' karena mengaku taat konstitusi namun di saat yang sama juga melakukan upaya mobilisasi yang dianggap melanggar konstitusi.

"Konstitusi itu adalah norma untuk mengharapkan orang menghasilkan output politik berdasarkan institusi-institusi konstitusi. Tapi yang terjadi adalah, dia mengatakan taat konstitusi sambil melakukan aktivitas yang anti konstitusi," ujarnya.

Baca Juga: APDESI Bantah Dukung Jokowi Tiga Periode, Rocky Gerung Puji Kemandirian Masyarakat Desa Sembalun

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Rocky Gerung Official


Tags

Terkait

Terkini

x