Pemprov dan DPRD Jawa Timur Matangkan Konsep Persiapan New Normal

- 15 Juni 2020, 19:42 WIB
Pemprov Dan DPRD Jatim Matangkan Konsep Persiapan Menghadapi New Normal
Pemprov Dan DPRD Jatim Matangkan Konsep Persiapan Menghadapi New Normal /

KABAR BESUKI - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) terus mematangkan konsep new normal. Dimana basis utamanya terletak pada penerapan protokol kesehatan yang ketat yang memiliki tiga indikator diantaranya epidemiologi, sistem kesehatan dan surveilans.

Demikian disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat menyampaikan paparannya di hadapan Ketua DPRD Prov. Jatim dan para Ketua Komisi DPRD di Gedung Negara Grahadi, Surabaya,  Sabtu (13/6).

Ia mengatakan, jika mengacu pada Rate Of Tranmission (rt) di Jatim  sebenarnya antara tanggal 20 sampai 26 Mei selama  tujuh hari berturut- turut  rt di Jatim sudah di bawah 1. Tetapi tanggal 27 kembali naik diatas satu.

Baca Juga: Widi Mulia Curahkan Kondisi Hatinya Melalui Unggahan Instagram

Indikator lain seperti kesiapan sistem kesehatan yang mencakup,  tenaga kesehatan , peralatan dan tempat tidur dihitung dengan  kemampuan  dalam  menangani peningkatan kasus covid-19 lebih besar 20 persen.

Saat ini, kapasitas tempat tidur isolasi sejumlah 3.115 dimana terdapat pasien yang perlu perawatan sebesar 1.779 kasus positif, 2.375 kasus PDP dan 306 pasien ODP.  Sementara terdapat, 1.345 pasien yang dirawat diruang non isolasi dan RS rujukan.

Gubernur Khofifah juga memaparkan, bahwa terdapat indikator lain menuju new normal yakni peningkatan surveilans. Dari jumlah total lab yang ada harus dilaporkan setiap hari oleh masing masing daerah.

Saat ini, pemeriksaan PCR telah dilakukan sebanyak 36.410 test atau setara dengan 910/1 juta penduduk sehingga perlu adanya peningkatan kapasitas lab yang ada di Jatim.

Khofifah sapaan akrabnya menyebut, daerah yang bisa melaksanakan new normal bisa dilihat dari peta sebaran yang dikeluarkan oleh Gugus Tugas Pusat. Lewat peta sebaran inilah bisa diketahui suatu daerah berada di posisi resiko tinggi, sedang atau rendah bahkan sudah tidak terdampak.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x