DPMD Pemprov Jatim Tinjau Penyaluran BLT DD di Bondowoso

- 24 Juni 2020, 09:45 WIB
Kepala DPMD Jawa Timur, Mohammad Yasin
Kepala DPMD Jawa Timur, Mohammad Yasin /

KABAR BESUKI - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menugaskan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) Jatim untuk meninjau penyaluran bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD) di Kecamatan Jambesari Darussolah, Kabupaten Bondowoso.

Peninjauan dilakukan untuk memastikan pelaksanaan penyaluran BLT DD sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kepala DPMD Jawa Timur, Mohammad Yasin, mengatakan Dana Desa untuk anggaran 2020 diutamakan untuk penanganan Covid-19 dan BLT DD. Terbukti, sebanyak 52 persen penggunaan Dana Desa dialokasikan untuk BLT DD.

Menurutnya, penyaluran BLT DD di Kecamatan Jambesari sudah memenuhi ketentuan maksimal seperti yang diatur oleh pemerintah.

Baca Juga: Gugus Tugas Trenggalek Rilis Tambah 1 Orang Terinfeksi Covid19

” Sehingga menjadi prioritas penggunaan Dana Desa pada tahun 2020 ini,” jelas Yasin kepada awak media,  Selasa (23/6/2020).

Dikatakannya, pada tahun 2021 nanti diharapkan program pemulihan ekonomi bukan berupa BLT DD, namun secara langsung kepada menggerakkan ekonomi pedesaan.

” Misalnya permodalan UMKM dan permodalan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes),” lanjutnya.

Selain itu, masyarakat penerima BLT DD diharapkan untuk membelanjakan uang tersebut di sekitar rumah sendiri. Tujuannya agar perputaran uang di lingkungan desa setempat dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto


Tags

Terkini