Pemprov Jatim dan Kogabwilhan II Akan Siapkan Aplikasi One Gate System

- 1 Juli 2020, 08:23 WIB
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama Forkopimda Jatim Rapat Koordinasi Percepatan Penanganan Covid 19 bersama 99 RS Rujukan se - Jatim.
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama Forkopimda Jatim Rapat Koordinasi Percepatan Penanganan Covid 19 bersama 99 RS Rujukan se - Jatim. /

KABAR BESUKI - Guna mempercepat penanganan Covid-19 di Jawa Timur, Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) II, akan menyiapkan aplikasi sistem rujukan satu pintu atau one gate system.

Sistem ini juga diharapkan membantu mengurangi angka kematian pasien Covid-19 akibat terlambat dirujuk, atau kamar yang overload.

Salah satu poin penting dalam aplikasi ini, adalah adanya command center 24 jam yang dipusatkan di Rumah Sakit (RS) Darurat di Jl. Indrapura Surabaya.

Petugas command center tersebut akan mengarahkan pasien Covid-19 ke RS-RS rujukan berdasarkan tingkat resikonya, serta mencarikan dan memastikan ketersediaan bed dan kamar bagi pasien.

“Ini menjadi bagian yang sangat penting, yakni pengintegrasian lewat one gate system. Kita berharap bahwa angka kasus Covid-19 yang muncul bisa kita mitigasi lebih komprehensif  agar tingkat  penyembuhan  makin tinggi.  Disaat yang sama, diharapkan angka kematian bisa kita turunkan semakin signifikan,” kata Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat dalalm rapat di Lantai 8 Kantor Gubernur Jl. Pahlawan, Selasa (30/6).

Baca Juga: Jumlah Kasus Covid-19 RSUD Soetomo Surabaya Capai 1.097 Pasien

Gubernur Khofifah mengatakan, penyiapan aplikasi tersebut sejalan dengan amanat Presiden RI, Joko Widodo saat berkunjung ke Jatim empat hari lalu.

Presiden Jokowi meminta Pemprov Jatim harus dapat mengendalikan penanganan   Covid-19 dalam dua minggu kedepan.

 

Presiden juga meminta Panglima Kogabwilhan II Marsdya TNI Imran Baidirus mengomandani   RS Darurat Covid-19 di Surabaya.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF


Tags

Terkini

x