Pengairan Banyuwangi Pasang Vertical Garden di Jembatan, Cegah Kebiasaan Buang Sampah Sembarangan

- 20 Juli 2020, 18:42 WIB
Vertical Gerden di Jembatan terlihat lebih indah dan rapi nyaman dilihat pengendara motor di jalan raya.
Vertical Gerden di Jembatan terlihat lebih indah dan rapi nyaman dilihat pengendara motor di jalan raya. /

KABAR BESUKI - Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pengairan Kabupaten Banyuwangi membuat terobosan baru dengan memasang pembatas atau barrier berupa taman vertikal (Vertical Garden) diatas jembatan. Hal tersebut sebagai upaya mencegah pembuangan sampah dari atas jembatan sekaligus mempercantik jembatan atau perlintasan jalan dengan sungai.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala DPU pengairan, Guntur Priambodo melalui Sekretaris Dinas, Reza Alfabrobi mengatakan,  setelah beberapa pekan  vertical garden terpasang di beberapa jembatan yang menjadi percontohan, kebiasaan masyarakat membuang sampah langsung ke sungai dari atas jembatan turun signifikan.

Baca Juga: Langah pemulihan Ekonomi, Aktualisasi Destinasi Banyuwangi Week End Berlangsung Sukses

“Setelah ada pembatas berbentuk taman vertikal, kebiasaan orang membuang sampah ke sungai dari atas jembatan  turun signifikan dan cenderung tidak ada,“ ucap reza saat dikonfirmasi, Senin (20/07/2020).

Pemasangan vertical garden tersebut,jelas Reza merupakan bagian dari kegiatan konservasi sungai, yakni sebagai barrier atau penghalang  masyarakat yang hendak membuang sampah kesungai dari atas jembatan.

“ Yang sering kita temukan, masyarakat membuang sampah yang telah dibungkus kresek atau tas plastik selanjutnya dilempar begitu saja ke sungai,“ jelasnya.

Dengan adanya vertical garden, maka kebiasaan buruk masyarakat membuang sampah kesungaii dari atas jembatan  tidak bisa lagi dilakukan karena sudah ada penghalangnya.

Kedepan memang harus ada penambahan paranet vertical garden disepanjang jalan protokol dan jembatan yang ada di Banyuwangi.

“Kami harapkan masyarakat ikut menjaga agar pemandangan vertical garden tetap terjaga dan indah serta nyaman dipandang mata disetiap sudut kota,“ ucapnya.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF


Tags

Terkini