Akhirnya Pemerintah Siapkan Gaji Ke-13 ASN Akan Cair Bulan Agustus

- 21 Juli 2020, 17:51 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani
Menteri Keuangan Sri Mulyani /dok

KABAR BESUKI - Adanya pandemi COVID-19 sangat berpengaruh pada APBN yang juga menyebabkan ditundanya gaji ke-13 untuk Aparat Sipil Negara (ASN). Banyak anggota ASN yang sangat mengharap gaji ke-13 untuk ASN segera cair.

Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan kabar baik bahwa gaji ke-13 aparat sipil negara (ASN) dan TNI/Polri akan segera cairkan pada bulan Agustus 2020. Meski demikian, pemberian gaji ke-13 tersebut haanya berlaku pada golongan tertentu saja.Gaji tersebut rencananya hanya dicairkan bagi eselon I dan II atau pejabat lain setingkatnya.

Sri Mulyani mengatakan, gaji ke-13 ini sebelumnya sudah ada dalam Undang-undang APBN 2020. Pemerintah juga telah menyiapkan anggarannya dalam APBN 2020.

Baca Juga: Tingkatkan Predikat SAKIP, Bondowoso Gelar Studi Banding Virtual dengan Pemkot Jogja

Meskipun demikian, pelaksanaan APBN 2020 mengalami banyak perubahan sebagai dampak dari pandemi Covid-19.

“Covid-19 mempengaruhi keseluruhan postur APBN, terutama dalam belanja negara,”ujar dia dalam konferensi pers secara virtual di Jakarta, Selasa 21 Juli 2020.

Baca Juga: Hasil Swab Anggota Dewan Positif, Polisi Sterilisasi Gedung DPRD Kota Probolinggo

Dia mengatakan, pemerintah akan terus melakukan pengelolaan APBN agar bisa fokus menangani Covid-19 dan dampaknya pada sosial ekonomi. Berkaca pada pemberian Tunjangan Hari Raya pada Idul Fitri lalu, pemerintah menganggap bahwa gaji ke-13 bisa menjadi stimulus ekonomi. Hal itu juga mendukung kemampuan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan kegiatannya terutama terkiat tahun ajaran baru.

Artikel ini telah tayang di Pikiran-Rakyat.com yang berjudul:Sri Mulyani Sebut Gaji ke-13 ASN Cair Agustus, Tidak Berlaku Bagi Sejumlah Golongan

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x