PT.KAI Daop 9 Jember Kembali Operasikan KA Wijayakusuma Bulan Agustus

- 2 Agustus 2020, 16:00 WIB
KA Argo Parahyangan, Sumber Instagram @keretaapikita
KA Argo Parahyangan, Sumber Instagram @keretaapikita /

KABAR BESUKI - Setelah lama Kereta Api (KA) Wijaya Kusuma tak beroperasi. PT KAI Daop 9 Jember berencana akan mengoperasikan kembali KA Wijayakusuma pada bulan Agustus ini.

Pada pertengahan bulan Juni sebelumnya sudah terdapat tiga KA yang sudah dioperasikan. dengan tambahan pengoperasian KA Wijayakusuma, kini total terdapat 4 KA yang akan beroperasi di wilayah PT KAI Daop 9 Jember pada bulan Agustus ini.

“KA Wijayakusuma ini nantinya akan dioperasikan saat akhir pekan saja. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan akan dioperasikan setiap hari nantinya. Kami masih melihat respon serta animo masyarakat dan evaluasi di lapangan,” jelas Mahendro Trang Bawono, selaku Manajer Humas PT KAI Daop 9 Jember, Kamis (30/7/2020).

Baca Juga: Diduga Korsleting, Mobil Minibus Tiba-tiba Terbakar di Jalan Raya Kediri-Blitar

Sejak dioperasikan kembali pada pertengahan Juni lalu, PT KAI Daop 9 Jember telah melayani 22.183 pelanggan, dengan rincian 5.242 pelanggan di bulan Juni dan 16.941 pelanggan di bulan Juli. Pengoperasian perjalanan KA ini pun tetap mengacu pada protokol dan persyaratan Kesehatan yang telah ditetapkan.

Mahendro menerangkan, khusus untuk perjalanan KA Jarak Jauh, pelanggan diharuskan mengenakan face shield yang disediakan oleh KAI selama dalam perjalanan hingga meninggalkan area stasiun tujuan. Khusus untuk pelanggan infant, diwajibkan membawa face shield sendiri.

Baca Juga: Jadwal Liga Italia Pertandingan Terakhir Malam Ini, Minggu 02 Agustus 2020

Calon pelanggan juga diharuskan melengkapi persyaratan dan harus ditunjukkan kepada petugas pada saat melakukan boarding. Adapun berkas yang harus disiapkan oleh pelanggan yakni menunjukkan surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negatif atau surat keterangan uji Rapid- Test dengan hasil non reaktif. Atau, menunjukkan surat keterangan sehat.

“Pemesanan tiket dilakukan secara online melalui aplikasi KAI Access dan channel online lainnya mulai H-7 keberangkatan KA. Sedangkan penjualan tiket di loket stasiun dilayani mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA,” tambah Mahendro.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama


Tags

Terkini

x