Tingkatkan Ketahanan Pangan, Pemkab Banyuwangi Gelar Festival Pangan Non Beras (FEPANORA)

- 28 Agustus 2020, 07:32 WIB
Sajian makanan non beras. Foto. Istimewa
Sajian makanan non beras. Foto. Istimewa /

KABAR BESUKI - Demi meningkatkan ketahanan pangan saat krisis ekonomi akibat dampak pandemi COVID-19. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menggelar Festival Pangan Non Beras (Fepanora).

Kegiatan festival ini diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan bareng Tim Penggerak PKK Banyuwangi bertempat di Agro Wisata Tamansuruh (AWT), Kecamatan Glagah, (27/8).

Panitia membatas pengunjung dan melakukan pengawasan ketat dengan mentaati protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Berbagai makanan dan kudapan difestivalkan yang bahan dasarnya berasal dari tanaman pangan budidaya warga setempat.

Berbagai makanan unik non beras tersedia. Pancake singkong, sirop kelir, Nasi talabi (talas, labu kuning, ubi ungu), Rendang bunga turi, Gadung isi durian. Sesuai dengan tema yang diambil “Kenyang Tak Harus dengan Beras”.

“Ini adalah bagian dari program peningkatan ketahanan pangan dan kesehatan bagi warga. Kami ingin masa pandemi ini menjadi momen bagi kita untuk mulai membiasakan makan makanan sehat. Tidak hanya nasi dan tepung terigu, tapi ada bahan pokok lain yang bila diolah rasanya juga enak,” cetus Bupati Abdullah Azwar Anas saat membuka acara.

Menurut Anas, apa yang dilakukan Banyuwangi ini juga sebagai upaya membentuk budaya baru untuk mengolah bahan pangan lain.

“Kami melibatkan ibu-ibu dari desa untuk memicu daya inovasi mereka bagaimana mengolah umbi-umbian dan tanaman yang ada di sekitar mereka,” kata Anas.

Festival Pangan Non Beras tersebut menyajikan aneka kreasi olahan makanan berbahan dasar non beras yang sangat menarik dan beragam.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama


Tags

Terkini

x